Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Milenial, Membeli Rumah Tak Harus Mencicil Lho!

Selain menggunakan fasilitas kredit pemilikan rumah/apartemen (KPR/KPA) membeli rumah dengan juga bisa dilakukan dengan tunai.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 29 Agustus 2019  |  16:48 WIB
Ilustrasi pembangunan apartemen - Antara/Audy Alwi
Ilustrasi pembangunan apartemen - Antara/Audy Alwi

Bisnis.com, JAKARTA - Selain menggunakan fasilitas kredit pemilikan rumah/apartemen (KPR/KPA) membeli rumah dengan juga bisa dilakukan dengan tunai. Konsekuensinya, harus menunggu lebih lama hingga tabungan terkumpul. Sementara mengumpulkan tabungan dan berinvestasi, milenial bisa menyewa hunian untuk ditinggali sementara waktu.

Perencana keuangan OneShildt Financial Planning Budi Raharjo menekankan, setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda. Selama kondisi keuangan sehat dan memungkinkan, tidak ada yang salah dengan menyewa hunian sebelum nantinya membeli.

"Dengan tidak mencicil tapi investasi, barang yang kita beli jadi lebih murah. Barang tersebut bisa jadi kita kejar dengan uang modal kita, plus hasil investasi," jelasnya.

Dia melanjutkan, ada pula sejumlah kalangan yang memilih menyewa hunian hingga masa pensiun. Sekitar 10 tahun hingga 5 tahun jelang pensiun, barulah mereka membeli tanah dan membangun rumah yang akan ditempati ketika masa pensiun tiba. Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah memiliki hunian merupakan sebuah keharusan, sebab suatu saat penghasilan akan berhenti dan tidak mungkin selamanya menyewa.

"Jadi fleksibel saja, sesuaikan dengan kemampuan, yang pasti harus punya [rumah suatu saat]," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hunian
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top