Bulan Inklusi Keuangan, OJK Canangkan Sinergi Aksi Indonesia Menabung

Kegiatan ini dilakukan dengan menggandeng Bank Indonesia, Lembaga Penjamin Simpanan, dan Lembaga Jasa Keuangan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat tentang pentingnya menabung untuk investasi, perlindungan dan masa depan. 
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 19 Oktober 2019  |  15:08 WIB
Bulan Inklusi Keuangan, OJK Canangkan Sinergi Aksi Indonesia Menabung
Karyawan melintas di dekat logo Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta, Senin (13/5/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA -- Otoritas Jasa Keuangan meluncurkan program Sinergi Aksi Indonesia Menabung sebagai puncak kegiatan Bulan Inklusi Keuangan 2019.

Kegiatan ini dilakukan dengan menggandeng Bank Indonesia, Lembaga Penjamin Simpanan, dan Lembaga Jasa Keuangan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat tentang pentingnya menabung untuk investasi, perlindungan dan masa depan. 

Acara peluncuran yang digelar di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (19/10/2019), merupakan salah satu implementasi dari diterbitkannya Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 26 Tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung yang diperingati setiap 20 Agustus. 
 
Sinergi Aksi Indonesia Menabung bertujuan mewujudkan kepemilikan rekening oleh seluruh masyarakat Indonesia. Berbagai program telah dimulai seperti kepemilikan rekening oleh seluruh pelajar, atau “One Student, One Account”. 
 
“Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan diharapkan mampu mendorong keterbukaan akses keuangan bagi masyarakat. Masyarakat secara terbuka dapat memperoleh informasi terkait produk dan layanan keuangan, serta memanfaatkan produk keuangan yang dibutuhkan seperti untuk menabung ini,” kata Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara dalam sambutannya.  
 
Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan akan menjadi agenda nasional dan dilakukan secara secara berkesinambungan setiap tahunnya di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan ini diharapkan memberikan dampak yang positif, khususnya dalam pemenuhan dan perluasan akses keuangan bagi masyarakat serta pencapaian tingkat inklusi keuangan di Indonesia.  
 
Kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya mendukung Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI), terutama dalam mendorong pencapaian tingkat inklusi keuangan di Indonesia. 
 
Sebagai puncak Bulan Inklusi Keuangan2019, diselenggarakan kegiatan “FinEXPO & Sundown 2019” dengan tema “Sinergi Aksi dalam Mewujudkan Inklusi Keuangan untuk Semua dan Perlindungan Konsumen yang Optimal” dan tagline “Gapai Puncak Inklusi, Perlindungan Makin Pasti”. 
 
Kegiatan ini dilaksanakan pada 17-20 Oktober 2019 di Mall Kota Kasablanka dengan melibatkan seluruh sektor industri jasa keuangan, baik perbankan, pasar modal, asuransi, dana pensiun, pergadaian, hingga lembaga pembiayaan dan financial technology (fintech).
 
Kegiatan “FinEXPO & Sundown Run 2019” disebut sebagai bentuk komitmen dan dukungan stakeholders untuk meningkatkan inklusi keuangan dengan memantapkan kepercayaan konsumen terhadap produk dan layanan jasa keuangan.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam acara ini mencakup pameran produk dan jasa keuangan (booth exhibition), talkshow perencanaan keuangan, berbagai perlombaan seperti Journalist Writing Competition, Fin Idol Cilik, dan Vlog Competition, yang diikuti oleh Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dan masyarakat umum. 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ojk, inklusi keuangan

Editor : Annisa Margrit
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top