Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI : Likuiditas Perbankan Masih Terjaga

Direktur Departemen Pengembangan Kebijakan Strategis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Inka B Yusgiantoro menyatakan posisi loan to deposit ratio (LDR) nyaris mendekati 100% masih bisa dikendalikan dan tidak terlalu berdampak sistemik pada perbankan.
Karyawan melayani nasabah di Bank Mandiri Cabang Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (2/10/2019)./ANTARA-Sigid Kurniawan
Karyawan melayani nasabah di Bank Mandiri Cabang Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (2/10/2019)./ANTARA-Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – Empat kali relaksasi suku bunga diyakini tidak mengganggu likuiditas, sebaliknya industri perbankan tetap aman dalam menghadapi resesi 2020.

Direktur Departemen Pengembangan Kebijakan Strategis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Inka B Yusgiantoro menyatakan posisi loan to deposit ratio (LDR) nyaris mendekati 100% masih bisa dikendalikan dan tidak terlalu berdampak sistemik pada perbankan. Dia menyatakan, dampak terhadap likuiditas baru akan terasa jika LDR berada di atas 100%.

Bisnis.com mencatat, berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), LDR bank umum pada Agustus tahun ini berada pada level 94,66%. Angka ini 87 basis poin lebih tinggi dari periode yang sama setahun lalu yakni 93,79%. Posisi ini juga turun dari awal tahun yang berada pada angka 94,78%.

“Di setiap bank LDR juga berbeda-beda, tetapi yang kita inginkan penyaluran terhadap sektor riil berjalan lancar, tidak ada masalah,” kata Inka di Gedung Yustinus Atma Jaya, Senin (28/10/2019).

Inka memerinci, umumnya transmisi kebijakan dari BI memang tidak langsung memberikan penurunan pada suku bunga perbankan. Dia memprakirakan, penurunan suku bunga di perbankan baru akan dimulai sekitar 4-6 bulan lagi.

Berdasarkan catatan Bisnis.com per Juli 2019, LDR mengalami pertumbuhan pada badan usaha perbankan BUKU 1 sebesar 80,2% lebih baik dari Juli 2019 sebesar 77,4%. Untuk LDR BUKU 2 tumbuh sebesar 90,0% lebih baik dari Juli 2019 sebesar 88,5%. Sementara itu untuk BUKU 4 tumbuh 92,2% meningkat dari Juli 2019 sebesar 91,8%. Adapun perbankan BUKU 3 justru menurun jadi 101,4% dari Juli 2019 sebesar 102,2%.

Beberapa langkah lain untuk menyehatkan industri perbankan adalah dengan mengonsolidasikan bank kecil dan BUKU I, serta menaikkan syarat komponen modal dari bank BUKU II. Oleh sebab itu, dia meyakini struktur perbankan Indonesia saat menghadapi resesi tahun depan masih cukup kuat.

“Jika dinaikkan ini [bank BUKU II] bisa lebih kompetitif,” ujar Inka.

Inka menyatakan, dalam menghadapi peluang resesi tahun depan, pemerintah menjaga pertumbuhan ekonomi kisaran 5%. Setidaknya, agar mengalami penurunan yang terlampau dalam seiring dengan penurunan volume ekspor-impor. Maka, salah satu yang perlu menjadi pertimbangkan industri perbankan dan pemangku kebijakan moneter adalah peluang The Fed kembali menurunkan suku bunga sampai akhir tahun ini, sebesar 25 basis poin dari 1,75% menjadi 1,5%.

Inka mengingatkan memasuki potensi resesi, tren imbal hasil dari Surat Berharga Negara (SBN) mulai menurun seiring penurunan suku bunga acuan BI. ke depan, sektor yang dianggap masih bisa memberi peluang pada pertumbuhan ekonomi adalah dari sektor pariwisata didukung infrastruktur yang memadai.

“Jika ada permasalahan dari yang mendapatkan dana tidak bisa membayar bunga, itu jadi berdampak pada perbankan. Jadi yang perlu dijaga, sektor riilnya. Kami keuangan jaga suplai agar likuiditas cukup jika riil butuh pinjaman dan ekspansi,” paparnya.

Beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga likuiditas adalah dengan relaksasi pasar modal melalui buyback saham. Dia menyatakan langkah tersebut masih efektif dan menolong perusahaan yang jika nilai saham dan aset menurun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper