Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Meski Pertahankan Suku Bunga, BOJ Beri Sinyal Pemangkasan

Bank of Japan (BOJ) dalam pertemuan hari ini mempertahankan kebijakan moneter stabil, tetapi memberikan sinyal kuat akan kemungkinan penurunan suku bunga dalam waktu dekat.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 31 Oktober 2019  |  19:29 WIB
Bendera Jepang - Istimewa
Bendera Jepang - Istimewa

Bisnis.com, TOKYO—Bank of Japan (BOJ) dalam pertemuan hari ini mempertahankan kebijakan moneter stabil, tetapi memberikan sinyal kuat akan kemungkinan penurunan suku bunga dalam waktu dekat.

Dikutip dari Reuters, Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda mengatakan bank sentral masih memiliki ruang untuk mengambil tingkat yang sudah negatif ke level lebih rendah untuk mencegah ketidakpastian global.

“Peluang ekonomi kehilangan momentum untuk mencapai target harga (inflasi) kami yang belum meningkat. Tapi kita perlu melihat perkembangan karena ketidakpastian di luar negeri semakin tinggi,” paparnya, Kamis (31/10/2019).

Menurutnya masih ada peluang BOJ memangkas suku bunga lanjutan. Padahal saat ini tingkat suku bunga sudah minus, yakni sebesar -0,1%.

Keputusan itu diambil beberapa jam setelah Federal Reserve AS menurunkan suku bunga.
 
BOJ, yang memiliki amunisi kebijakan jauh lebih sedikit daripada The Fed, mempertahankan target suku bunga jangka pendek di level -0,1% dan imbal hasil obligasi 10 tahun sekitar 0%.

Kuroda juga mempertahankan janji untuk membeli obligasi pemerintah, sehingga kepemilikan BOJ mencapai kisaran 80 triliun yen (US$736 miliar).

Namun demikian, peluang BOJ memangkas suku bunga lanjutan bertentangan dengan pernyataan sebelumnya, perihal penjagaan suku bunga -0,1% akan berlangsung sampai tahun depan. Artinya, bisa saja pemangkasan suku bunga dipercepat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank of japan

Sumber : reuters

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top