Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tol Pekdum Bakal Percepat Transaksi Nontunai di Pekanbaru

Penggunaan kartu uang elektronik untuk transaksi tol bakal membentuk kebiasaan baru bagi masyarakat Riau.
Arif Gunawan dan Rivki Maulana
Arif Gunawan dan Rivki Maulana - Bisnis.com 26 November 2019  |  18:45 WIB
Pemimpin Cabang Bank BNI Pekanbaru Alkab Mansyur (tengah) berbincang dengan Wakil Pemimpin Cabang Pekanbaru Agus Otter (kanan), dan karyawati di sela-sela kunjungan Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019 di Pekanbaru, Selasa (26/11/2019). - Bisnis/Himawan L. Nugraha
Pemimpin Cabang Bank BNI Pekanbaru Alkab Mansyur (tengah) berbincang dengan Wakil Pemimpin Cabang Pekanbaru Agus Otter (kanan), dan karyawati di sela-sela kunjungan Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019 di Pekanbaru, Selasa (26/11/2019). - Bisnis/Himawan L. Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Bank BNI menilai pengoperasian jalan tol Pekanbaru—Dumai bakal mendorong transaksi nontunai melalui kartu uang elektronik.

Penggunaan yang masif dinilai mendukung pembentukan ekosistem transaksi nontunai di provinsi berjuluk Lancang Kuning tersebut.

Kepala Cabang BNI Pekanbaru Alkab Mansyur mengatakan bahwa penggunaan kartu uang elektronik untuk transaksi tol bakal membentuk kebiasaan baru bagi masyarakat Riau. Saat ini penggunaan kartu uang elektronik di Pekanbaru belum berkembang secara masif.

"Dengan adanya jalan tol, orang akan terbiasa dan ini akan membentuk budaya baru. Di sini [transaksi nontunai] masih terbatas," jelasnya kepada kepada Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019, Selasa (26/11/2019).

Sejak 31 Oktober 2017, transaksi pembayaran jalan tol wajib menggunakan cara nontunai. Kewajiban tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 16 Tahun 2017. 

Sementara itu, pembangunan jalan tol Pekdum sepanjang 131 kilometer diharapkan rampung pada semester pertama 2020. Jalan bebas hambatan ini akan memangkas waktu tempuh dari 4 jam—5 jam menjadi 1,5 jam sampai dengan 2 jam.

Dalam catatan Bisnis, kontribusi jalan tol terhadap penggunaan transaksi nontunai juga terjadi di wilayah Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) saat jalan tol Bakauheni—Terbanggi Besar beroperasi.

Pada masa angkutan Lebaran 2019, penggunaan kartu uang elektronik TapCash yang diterbitkan BNI mencapai 30.000 kartu. Jumlah tersebut dinilai cukup signifikan untuk wilayah Sumbagsel.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tol pekanbaru-dumai TapCash Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019

Sumber : Jelajah Sumatra

Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top