Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pentingnya Mulai Mengembangkan Dana di Tahun 2020

Secara umum, investasi adalah penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau perorangan dalam jangka waktu tertentu demi memperoleh imbal balik (return) yang lebih besar di masa depan. Nah, lalu kenapa penting untuk mengembangkan dana di 2020? Yuk simak jawabannya berikut.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 18 Desember 2019  |  09:26 WIB
Pentingnya Mulai Mengembangkan Dana di Tahun 2020

Bisnis.com, JAKARTA -- Di penghujung tahun 2019 ini, banyak orang yang mulai merencanakan untuk membuat kondisi finansialnya menjadi lebih baik lagi di tahun mendatang.

Tentunya untuk mencapai kondisi yang lebih baik juga diperlukan langkah-langkah yang tepat, terutama dalam hal  pengembangan dana atau investasi di tahun 2020.

Bagi yang sudah lama melibatkan diri dalam dunia penanaman modal, istilah ‘berinvestasi’ bukanlah sesuatu yang asing. Namun bagi pemula, penjelasan singkat dan jelas mengenai pengertian dasar dan cara berinvestasi sangatlah dibutuhkan.

Secara umum, investasi adalah penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau perorangan dalam jangka waktu tertentu demi memperoleh imbal balik (return) yang lebih besar di masa depan. Nah, lalu kenapa penting untuk mengembangkan dana di 2020? Yuk simak jawabannya berikut.

Alasan pentingnya mengembangkan dana di 2020

  • Melawan inflasi

Ini salah satu alasan paling dasar untuk mulai mengembangkan dana di tahun 2020. Dengan melakukan pengembangan dana, orang-orang dapat mengamankan kekayaan mereka dari efek inflasi, atau efek berkurangnya daya beli.

Jika inflasi dalam setahun rata-rata mencapai 5 hingga 6 persen, melakukan pengembangan dana dengan imbal hasil hingga 21% lebih dari cukup buat mengamankan nilai kekayaan dari efek inflasi.

  • Mendapatkan pendapatan pasif

Pendapatan pasif adalah sebuah sejumlah pendapatan yang didapatkan di luar dari penghasilan utama. Memiliki pendapatan pasif tentu diinginkan banyak orang, karena mereka tetap mendapatkan penghasilan meskipun tidak bekerja secara aktif untuk mendapatkannya..

Sebagai contoh, apabila kamu mengembangkan dana melalui investasi dengan imbal hasil yang cukup besar, maka kamu bisa mendapatkan pendapatan pasif dari imbal hasil tersebut. Seperti definisinya, kita hanya menanamkan modal dalam sebuah investasi, dan modal tersebut akan berkembang tanpa kita bekerja secara aktif.

  • Mewujudkan kebebasan finansial

Kebebasan finansial adalah sebuah kondisi dimana seseorang memiliki pemasukan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sesuai gaya yang diinginkannya. Kebebasan finansial juga dapat diartikan sebagai sebuah kondisi saat kita memiliki sebuah passive income yang artinya memiliki  pemasukan tanpa kita harus melakukan kerja secara aktif.

Akan sulit rasanya apabila ingin memiliki kebebasan finansial, namun hanya mengandalkan satu pemasukan saja. Karenanya, banyak orang yang ingin mencapai kebebasan finansial melalui berbagai cara. Salah satunya yaitu dengan berani mengambil langkah dengan keluar dari zona aman seperti melakukan pengembangan dana.

Ada banyak instrumen pengembangan dana di Indonesia. Bagi mereka yang belum lama terlibat dalam dunia penanaman modal, tentunya menginginkan sebuah instrumen pengembangan dana yang aman dan terpercaya serta memiliki keuntungan yang besar.

Nah, instrumen pengembangan dana apa yang cocok, terutama di tahun 2020? Yuk simak jawabannya berikut.

Instrumen pengembangan dana aman dengan imbal hasil hingga 21%

Peer-to-peer Lending merupakan salah satu alternatif investasi yang sedang berkembang di era digital saat ini.  Menggunakan konsep crowdfunding, Peer-to-peer Lending atau biasa disingkat P2P Lending, menghubungkan pengembang dana (pemberi dana/lender) dengan peminjam (borrower). 

Dari segi return, P2P Lending dapat terbilang lebih menjanjikan dibandingkan dengan beberapa instrumen pengembangan dana lain, dengan imbal hasil hingga 21% per tahun. 

Salah satu Platform P2P Lending yang cocok sebagai sarana pengembangan dana di tahun 2020 adalah Akseleran. Akseleran merupakan platform P2P Lending produktif, artinya Akseleran menyediakan pinjaman kepada pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) profitable yang membutuhkan dana untuk pengembangan usahanya. 

Melalui P2P Lending produktif, para pengembangan dana (lender) Akseleran tentu akan merasa lebih aman, karena pinjaman yang diberikan adalah pinjaman yang sifatnya menghasilkan uang atau produktif.

Lain halnya apabila pinjaman yang diberikan kepada kegiatan bersifat konsumtif seperti shopping/travelling yang risikonya relatif lebih besar. 

Memulai Pengembangan Dana di P2P Lending Akseleran

Akseleran memiliki tujuan untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Karenanya, Akseleran didirikan untuk memberikan kemudahan bagi mereka yang belum atau kurang terlayani oleh institusi keuangan konvensional, baik bagi lender maupun borrower.

Bagi lender yang ingin melakukan pengembangan dana di Akseleran, akan merasakan berbagai kemudahan dan keuntungan berikut di Akseleran:

    • Pemberian Pinjaman Disertai Agunan

Akseleran menyertakan agunan/jaminan di sebagian besar portofolio pinjamannya. Meskipun bukan agunan yang bersifat fixed asset (tanah & bangunan), namun dengan adanya agunan berupa invoice/PO/SPK/Kontrak yang difidusiakan, tentunya akan memperkecil risiko seperti keterlambatan pembayaran atau gagal bayar. Apabila hal itu pun terjadi, maka agunan dapat dieksekusi atau dijadikan dasar proses hukum untuk memastikan pengembalian dana yang sudah dipinjam.

    • Imbal hasil relatif besar

Poin ini juga merupakan daya tarik sendiri untuk para lender baru maupun yang sudah berpengalaman karena Akseleran dapat memberikan keuntungan atau imbal hasil yang relatif lebih baik dibandingkan instrumen investasi lainnya. Dengan imbal hasil yang dapat diterima hingga 21% per tahun, tentunya dapat bersaing dengan instrumen investasi lainnya

    • Dapat dimulai dengan modal kecil

Untuk memulai pendanaan di Akseleran dapat dimulai dengan modal kecil, yaitu hanya dari Rp100 ribu. Hal ini dikarenakan Akseleran memiliki sistem crowdfunding, di mana dana dari berbagai lender akan dikumpulkan terlebih dahulu sebelum disalurkan ke kampanye pinjaman. Dengan modal yang kecil ini, selain risiko menjadi lebih kecil, para calon lender dapat dengan lebih mudah melakukan diversifikasi dengan menyebar pendanaannya di berbagai kampanye untuk menekan risiko.

  • Aman dan terpercaya

Saat melakukan proses transaksi keamanan adalah hal yang paling penting. Akseleran adalah platform Peer to Peer Lending yang sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ditambah setiap peluang pinjaman di Akseleran memiliki proteksi asuransi yang membuat risiko kegagalan pengembalian dana yang kamu pinjamkan akan semakin kecil. Karenanya, Akseleran telah dipercaya oleh puluhan ribu lender dalam mengembangkan dananya.

Dapatkan Dana Awal Rp100 ribu Untuk Mulai Mengembangkan Dana!

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode BISNISCOM2019.

Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman kok karena lebih dari 99% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan, sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada.

Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman karena diawasi oleh regulator resmi.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected] Kamu juga bisa unduh aplikasi Akseleran dari Google Play atau Apple App Store untuk mengembangkan dana dengan lebih mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

akseleran
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top