Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bank DKI Siap Dukung Sistem Pajak Online Besutan Pemprov

Bank DKI ikut berkontribusi dalam meningkatkan transparansi penerimaan pajak daerah, khususnya pajak hotel, restoran, tempat hiburan, dan perparkiran.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 14 Februari 2020  |  22:15 WIB
Warga melintas didekat logo bank DKI di Jakarta. Bisnis - Dedi Gunawan
Warga melintas didekat logo bank DKI di Jakarta. Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Bank DKI siap mengimplementasikan sistem pajak online bertajuk TOSKA (Tax Online System of Jakarta) besutan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta.

Direktur Kredit UMK & Usaha Syariah Bank DKI Babay Parid Wazdi mengungkap hal ini merupakan bentuk kontribusi perseroan dalam meningkatkan transparansi penerimaan pajak daerah khususnya pajak hotel, restoran, tempat hiburan, dan perparkiran.

"Peluncuran TOSKA merupakan sebuah titik baru bagi sistem perpajakan online, khususnya di wilayah DKI Jakarta, dalam rangka peningkatan layanan penerimaan pajak daerah," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (14/2/2020).

Melalui sistem TOSKA ini, wajib pajak, terutama pengusaha hotel, restoran, lahan parkir, dan hiburan, dapat memonitor data transaksi usaha kapan saja dan di mana saja, serta akses untuk mendapatkan laporan pajak terintegrasi atas objek pajaknya.

Dengan demikian, pedoman pembayaran dan pelaporan pajak menjadi lebih mudah dan transparan. “Bank DKI telah siap untuk mengimplementasikan TOSKA yang akan memudahkan para pengelola usaha membayarkan pajak secara online, sekaligus mendukung tujuan pemerintah menuju transparansi dan efektivitas pengawasan keptuhan wajib pajak," kata Babay.

Keuntungan lain yang diperoleh wajib pajak ketika menggunakan TOSKA adalah penggunaan akses cash management system Bank DKI secara gratis yang dapat dipergunakan untuk melakukan monitoring dan transaksi keuangan secara realtime dan online seperti transfer, pembayaran pajak, virtual account, liquidity management, hingga payroll.

TOSKA diharapkan dapat mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) sektor pajak melalui pajak perhotelan, pajak restoran dan pajak hiburan khususnya di daerah DKI Jakarta dan dapat meningkatkan efiesiensi Wajib Pajak (WP) dalam pelaporan pajaknya.

Sistem ini telah terintegrasi dan dapat dimonitor secara online melalui dashboard yang terpasang di Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta (Bapenda) di mana seluruh transaksi di wajib pajak akan terpantau secara akurat.


Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pemprov DKI bank dki
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top