Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kasus Asabri, Dirut Sonny Widjaja Kejar 24 Manajer Investasi  

Dari 24 perusahaan manajer investasi yang bekerjasama dengan Asabri, 12 perusahaan telah datang menemui perseroan.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 19 Februari 2020  |  19:58 WIB
Aktivitas layanan nasabah di kantor PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri), di Jakarta. - Bisnis/Dedi Gunawan
Aktivitas layanan nasabah di kantor PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri), di Jakarta. - Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) atau Asabri menyatakan 24 perusahaan manajer investasi yang mengelola dana perusahaan diminta bertanggung jawab pulihkan kinerja investasi.

Direktur Utama Asabri Sonny Widjadja menuturkan pihaknya telah memanggil 24 perusahaan manajer investasi (MI) yang bekerjasama. Dari jumlah itu baru 12 perusahaan yang memenuhi panggilan.

"Sampai saat ini baru ada 12 [MI] yang hadir. Kami akan melakukan penagihan kepada mereka agar mereka juga ikut bertanggung jawab untuk memperbaiki portofolio Asabri," ujar Sonny.

Sebelumnya dalam rapat dengan DPR RI pada Januari 2020 lalu, Sonny memaparkan terdapat 25 perusahaan MI yang mengelola aset Asabri. Total investasi yang ditempatkan sebesar Rp10,8 triliun. Sonny menyebutkan sebanyak 13 perusahaan MI ini memiliki keterkaitan dengan Heru Hidayat dan Benny Tjokro.

Sonny menjelaskan bahwa Heru dan Benny memiliki utang senilai Rp11,4 triliun akibat kerugian investasi Asabri. Heru tercatat memiliki tanggung jawab yang harus dipenuhi kepada Asabri senilai Rp5,8 triliun, sedangkan Benny senilai Rp5,6 triliun.

Ia menyebutkan penagihan utang kepada dua pihak ini merupakan salah satu upaya Asabri untuk mengembalikan kinerja keuangan. Selain itu, upaya lainnya adalah Asabri meminta para manajer investasi meningkatkan kinerja pengelolaan portofolio aset dan melakukan pemetaan aset investasi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asabri
Editor : Anggara Pernando

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top