Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Berapa Potensi Kerugian Asuransi Syariah Akibat Umrah Disetop?

Setiap jemaah umrah wajib membeli asuransi syariah senilai Rp50.000 per orang per perjalanan.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 27 Februari 2020  |  21:00 WIB
Calon Jamaah Umrah menunggu kepastian untuk berangkat ke Tanah Suci Mekah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Calon Jamaah Umrah menunggu kepastian untuk berangkat ke Tanah Suci Mekah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Keputusan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menyetop sementara izin ibadah umrah, diperkirakan menimbulkan potensi kerugian bagi sejumlah sektor termasuk asuransi syariah.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) Erwin Noekman menjelaskan setiap tahun Indonesia memberangkatkan 1 juta orang untuk menjalankan ibadah umrah. Pelarangan perjalanan ibadah ini akan memukul industri terkait.

"Ada potensi kehilangan pendapatan senilai lebih kurang Rp50 miliar," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (27/2/2020).

Angka itu didapatkan dengan asumsi nilai asuransi perjalanan yang dibayarkan calon jemaah umrah senilai Rp50.000 per orang. Ini merupakan nilai minimal setiap polis asuransi perjalanan umrah. Nilai kerugian polis ini dikalikan jumlah jemaah setiap tahunnya.

Sebelumnya Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menetapkan untuk menyetop izin kunjungan ibadah umrah dan akses ke makam Nabi Muhammad di Madinah untuk sementara akibat wabah virus corona yang kian meluas.

Beberapa negara yang dianggap berisiko menyebarkan virus Corona adalah China, Iran, Italia, Korea, Jepang, Thailand, Malaysia, Indonesia, Pakistan dan Afghanistan. Selain itu Irak, Filipina, Singapura, India, Lebanon, Suriah, Yaman, Azerbaijan, Kazakhstan, Uzbekistan, Somalia dan Vietnam juga ikut terimbas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi syariah
Editor : Anggara Pernando
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top