Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Modal Ventura, Salurkan Pendanaan ke Startup Penggerak Sektor Riil

Modal ventura besar dapat mengambil peran sebagai penggerak perekonomian nasional yang tengah mengalami tekanan akibat virus corona.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 19 Maret 2020  |  23:34 WIB
Ilustrasi startup. - olpreneur.com
Ilustrasi startup. - olpreneur.com

Bisnis.com, JAKARTA - Laporan Dealstreet Asia berjudul SE Asia Venture Capital Firms yang dirilis Maret 2020 mengungkapkan sejumlah perusahaan modal ventura Indonesia memiliki rencana ambisius dalam menghimpun dana kelolaan pada 2020.

Menurut laporan, target tersebut bertujuan mempertahankan posisi Indonesia sebagai negara dengan total dana kelolaan terbesar kedua di Asia Tenggara senilai US$582 juta. Di bawah Singapura dengan total dana himpunan mencapai US$2,103 miliar tahun lalu.

Beberapa pemodal ventura tersebut antara lain, BRI Ventures dengan target dana yang dihimpun mencapai US$250 juta dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom) sekitar US$500 juta.

Ketua Umum Asosiasi Startup Teknologi Indonesia (Atsindo) Handito Joewono berpendapat BRI Ventures dan Telkom dapat memfokuskan dana kelolaan yang dihimpun untuk dikontribusikan kepada perekonomian negara di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

"Sebaiknya, dana yang dihimpun difokuskan untuk bersatu-padu membantu negara melampaui masa-masa sulit perekonomian di tengah dunia yang sedang mengalami economy pandemic," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (19/3/2020).

Namun demikian, kedua perusahaan diminta tetap melakukan pengucurkan pendanaan ke perusahaan-perusahaan rintisan.

Menurut Handito, perusahaan modal ventura dapat mengalirkan dana ke startup-startup produktif di sektor riil, seperti pertanian dan kesehatan dengan mengembangkan peralatan atau perlengkapan berteknologi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan usaha kecil dan menengah (UKM).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit StartUp
Editor : Anggara Pernando
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top