Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Fintech Komunal Percepat Pengajuan Pinjaman

Percepatan pencairan pinjaman dibutuhkan agar pelaku usaha tetap dapat produktif pada saat kondisi perekonomian tertekan oleh ancaman wabah virus corona (Covid-19).
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 23 Maret 2020  |  15:24 WIB
Ilustrasi. - Komunal.co.id
Ilustrasi. - Komunal.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Komunal, perusahaan fintech peer-to-peer lending yang berbasis di Surabaya, mempercepat proses pengajuan pinjaman serta mendorong penggunaan berbagai teknologi digital kepada pelaku bisnis dan investor, agar tetap dapat produktif pada saat kondisi perekonomian tertekan oleh ancaman wabah virus corona (Covid-9).

Dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (23/3/2020), percepatan proses pinjaman didukung oleh pemanfaatan fitur tanda tangan digital dan penyaluran dana melalui virtual account status sebagai peminjam dengan reputasi baik pada platform Komunal.

“Kami percaya ini bukan proyek biasa, namun proyek yang berdampak besar pada kehidupan orang banyak khususnya di Kota Surabaya,” ujar Hendry Lieviant, CEO Komunal, Senin (23/3/2020),

Perusahaan yang telah meraih pendanaan awal dari East Ventures akhir tahun lalu ini tidak memungut biaya administrasi sebagai dukungan perusahaan terhadap upaya pemerintah menekan laju penularan virus corona di Indonesia.

Salah satu pihak peminjam, yakni kontraktor sipil yang merupakan peminjam (borrower) regular di platform Komunal, disebutkan  menjalani seluruh proses pengajuan pinjaman hanya dalam waktu 15 menit dengan dana pinjaman bisa dicairkan dalam waktu kurang dari 24 jam.

Sebagai informasi, Komunal terus mencatat peningkatan penyaluran pinjaman. Sepanjang Maret 2020, nilai penyaluran pinjaman melalui platform Komunal meningkat 30 persen dibandingkan dengan rata-rata bulan sebelumnya.

Kenaikan tersebut dikatakan berpotensi lebih tinggi karena masih ada 8 hari yang tersisa.

Selain itu, Komunal melihat lonjakan aktivitas investasi pada platformnya.

Kenaikan nilai penyaluran pinjaman mengindikasikan daya tarik platform peer to peer (P2P) lending sebagai alternatif tujuan investasi.

Data perusahaan menunjukkan investor saat ini lebih terbuka dalam mendanai proyek dengan return yang lebih rendah.

“Tim Komunal mampu dengan sangat cepat tanggap menjadi solusi di keadaan genting dan berpartisipasi membantu Indonesia menghadapi musibah ini,” ungkap Willson Cuaca, Co-founder dan Managing Partner East Ventures.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pinjaman fintech
Editor : Yustinus Andri DP
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top