Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Respons Relaksasi Kredit, CIMB Niaga Susun Panduan Operasional

POJK yang dirilis regulator akan menjadi panduan CIMB Niaga dalam memberikan insentif bagi debitur terdampak
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 24 Maret 2020  |  19:00 WIB
Karyawati beraktivitas di salah satu cabang Bank CIMB Niaga di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawati beraktivitas di salah satu cabang Bank CIMB Niaga di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank CIMB Niaga Tbk. merespons POJK No.11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional Sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019 dengan membuat panduan operasional.

Direktur Finance & SPAPM PT Bank CIMB Niaga Tbk. Lee Kai Kwong mengatakan POJK tersebut akan menjadi panduan CIMB Niaga dalam memberikan insentif bagi debitur terdampak. Saat ini, kajian sedang dilakukan untuk memastikan stimulus yang diberikan bisa memiliki dampak strategis.

CIMB Niaga saat ini sedang memetakan sektor industri, wilayah, customer yang terdampak dan bentuk stimulus yang tepat.

"Seluruh unit terkait sedang bekerja untuk membuat panduan operasional dengan panduan POJK tersebut dan hasil kajian yang dilakukan," katanya kepada Bisnis, Selasa (24/3/2020).

CIMB Niaga tidak menampik penyaluran kredit cenderung stagnan di tengah penyebaran virus corona. Begitu juga dengan penghimpunan dana murah (CASA) maupun perolehan fee income akan mengalami sedikit penyesuaian.

Menurutnya, saat ini pihaknya telah melakukan berbagai stimulus keuangan di tengah wabah virus corona. Perseroan pun telah melakukan stress test untuk likuiditas dan kecukupan modal terkait dampak virus Corona terhadap kondisi Bank.

CIMB Niaga mengidentifikasi potensi industri-industri yang mungkin akan terkena dampak virus corona seperti hospitality & leisure, manufacture, maupun sektor lainnya. Selain itu, perseroan mengaku telah melakukan mitigasi terhadap potensi tersebut.

"Saat ini, kami terus memantau perkembangan berita di dalam maupun luar negeri serta peraturan atau imbauan Pemerintah terkait hal ini," katanya.

Direktur Risk Management Bank CIMB Niaga Vera Handajani mengatakan pihaknya juga telah melakukan stress test dengan mengindentifikasi debitur pada sektor ekonomi yang dianggap rentan terhadap dampak penyebaran virus corona (COVID-19).

"Kami juga sudah menetapkan langkah-langkah mitigasi risiko," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit cimb niaga OJK Virus Corona
Editor : Annisa Sulistyo Rini
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top