Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cegah Penyebaran Corona, BTN Transfer Dana Pensiun ke Nasabah Mulai April

BTN mengimbau para nasabah, khususnya penerima manfaat dana pensiun, untuk tidak melakukan pencairan dananya di outlet.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 31 Maret 2020  |  21:50 WIB
Pengunjung mencari informasi mengenai Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Indonesia Properti Expo (Ipex) 2020 di Jakarta, Minggu (16/2/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Pengunjung mencari informasi mengenai Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Indonesia Properti Expo (Ipex) 2020 di Jakarta, Minggu (16/2/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. mendukung upaya pemerintah untuk menekan penyebaran virus corona dengan membayarkan dana pensiun secara transfer.

Perseroan mengimbau para nasabah, khususnya penerima manfaat dana pensiun untuk tidak melakukan pencairan dananya di outlet.

Khusus pada bulan April 2020, Bank BTN akan segera mentransfer dana tersebut langsung ke rekening para penerima dana pensiun.

Corporate Secretary Bank BTN Ari Kurniaman mengatakan perseroan telah berkoordinasi dengan PT Taspen untuk memudahkan pembayaran pensiunan Taspen untuk April 2020, di mana seluruh uang pensiun langsung masuk ke rekening penerima pensiun tanpa ada blokir.

"Para peserta pensiunan juga tidak wajib melakukan otentikasi, sehingga bagi mereka yang memiliki kartu ATM bisa langsung menarik dananya di ATM BTN atau ATM di seluruh Indonesia,” katanya dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Sebagai informasi, biasanya penarikan dana pensiun banyak dilakukan di outlet bank secara langsung karena mewajibkan otentifikasi data nasabah.

Namun, pada April Bank BTN dan PT Taspen turut mematuhi imbauan Pemerintah untuk melakukan physical distancing. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan layanan perbankan digital dan melakukan pengiriman dana langsung oleh Bank tanpa perlu proses otentifikasi.

Menurutnya, langkah ini justru sangat memudahkan nasabah dan prosesnya lebih cepat karena para nasabah penerima dana pensiun tidak perlu keluar rumah, naik transportasi umum menuju ke outlet.

"Cukup di rumah saja, atau datang ke ATM BTN atau ATM berlogo LINK terdekat, dana pensiun sudah langsung masuk ke rekening dan bisa diambil dengan mudah,” imbuh Ari.

Sebaliknya, Ari melanjutkan nasabah yang belum memiliki kartu debit atau ATM BTN tetap dapat melakukan penarikan dana pensiun langsung di outlet Bank BTN. Petugas tetap siap melayani dengan protokol pelayanan yang sudah disiapkan, kata Ari menambahkan.

Nasabah peserta pensiunan juga dapat langsung mengecek dana tersebut lewat mobile banking atau internet banking Bank BTN.

“Tanpa perlu keluar rumah, nasabah dapat mengakses layanan banking from home lewat aplikasi mobile banking, misalnya mengecek dana di rekening, mutasi rekening, membayar tagihan dan sebagainya,” tambah Ari.

Saat ini, ATM BTN berjumlah lebih dari 2.090 unit ditambah jaringan ATM Link yang mencapai 53.000 unit sehingga memudahkan akses penarikan dana oleh nasabah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

btn taspen
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top