Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ada Keringanan Kredit, BCA Pangkas Bunga Deposito

BCA menyatakan ada sedikit pelonggaran likuditas yang membuat perseroan mampu menurunkan suku bunga dana mahalnya.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 11 Mei 2020  |  22:15 WIB
Nasabah melakukan transaksi lewat mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (28/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Nasabah melakukan transaksi lewat mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (28/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk. menyatakan menurunkan suku bunga dana mahal untuk memberi kelonggaran para debitur.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengakui ada sedikit pelonggaran likuditas yang membuat perseroan mampu menurunkan suku bunga dana mahalnya.

Hanya saja penurunan itu bukan tidak digunakan untuk meningkatkan margin bunga bersih (net interest margin/NIM), tetapi untuk memberi kelonggaran bagi para debitur.

"Deposito bunga turun, restrukturisasi kredit juga bunganya turun, sehingga tidak terlalu berdampak pada margin," katanya, Senin (11/5/2020).

Berdasarkan paparan Lembaga Penjaminan Simpanan dalam konferensi pers KSSK secara live, Senin (11/5/2020), suku bunga deposito rupiah selama kuartal I/2020 tercatat mengalami penurunan sebesar 28 basis poin menjadi 5,5 persen.

Begitu juga dengan suku bunga valuta asing yang turun 1,01 persen. Kondisi suku bunga deposito perbankan pun masih terus mengalami penurunan di sepanjang pemantauan April dan awal Mei 2020.

Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Lando Simatupang mengatakan pelaku industri perbankan saat ini mendapat garansi yang cukup kuat untuk menjaga likuditas di tengah pandemi virus corona.

Hal ini pun membuat upaya penurunan suku bunga deposito berjalan cukup lancar untuk menjaga net interest margin tahun ini yang tengah tertekan.

"Iya, saya lihat trennya cukup bagus bagi bank. Saya rasa masih akan dapat berlanjut pada kuartal kedua tahun ini," katanya

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bca suku bunga deposito restrukturisasi utang
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top