Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Terima Duit THR, Ini 3 Tips Mengelolanya di Tengah Pandemi

Memasuki bulan Ramadan, masyarakat dihadapkan pada agenda tahunan seperti mudik dan perayaan lebaran. Sebelum itu, umumnya hal tersebut didahului oleh cairnya tunjangan hari raya (THR) bagi mereka yang bekerja.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 16 Mei 2020  |  21:00 WIB
Sejumlah pekerja pabrik rokok menghitung uang Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran saat pembagian di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (21/5/2019). - ANTARA/Yusuf Nugroho
Sejumlah pekerja pabrik rokok menghitung uang Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran saat pembagian di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (21/5/2019). - ANTARA/Yusuf Nugroho

Bisnis.com, JAKARTA-Memasuki bulan Ramadan, masyarakat dihadapkan pada agenda tahunan seperti mudik dan perayaan lebaran. Sebelum itu, umumnya hal tersebut didahului oleh cairnya tunjangan hari raya (THR) bagi mereka yang bekerja.

Namun ada yang berbeda pada 2020. Pasalnya, masyarakat dihadapkan situasi tak terduga pandemi virus corona atau Covid-19. Alhasil, rencana mudik harus ditunda dan tidak ada perayaan Lebaran seperti biasanya ke rumah tetangga ataupun kerabat, serta tidak ada sholat Idulfitri.

Begitu juga dengan penggunaan dana THR, yang biasanya dialokasikan untuk mudik. Sekarang, saatnya membuat skala prioritas yang baru di tengah pandemi virus corona.

Independent Financial Planner OneShildt Budi Raharjo mengatakan dalam situasi normal, THR merupakan penghasilan tahunan bagi karyawan digunakan untuk menutupi pengeluaran-pengeluaran besar saat hari raya.

Prioritas penggunaannya biasanya adalah untuk persiapan mudik, membeli baju baru untuk keperluan hari raya, liburan dan sebagainya. Penggunaan yang lebih bijak dapat disisihkan untuk pengeluaran tahunan lainnya yang besar, seperti hari raya kurban.

“Prioritas penggunaan dana THR untuk saat ini harus dibedakan tentunya, antara golongan yang terkena dampak negatif covid dan yang secara penghasilan justru semakin terdorong positif keuangannya,” jelas Budi kepada Bisnis.com.

Biar tidak “menguap” begitu saja dan kurang bermanfaat, berikut ini 3 tips dari Budi buat mengelola THR di saat pandemi seperti saat ini.

    1 dari 4 halaman

    Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

    investasi thr
    Editor : Ropesta Sitorus
    0 Komentar

    Artikel Terkait



    Berita Terkini Lainnya

    Terpopuler

    Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

    Foto

    BisnisRegional

    To top