Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terima Duit THR, Ini 3 Tips Mengelolanya di Tengah Pandemi

Kita harus menentukan dahulu prioritas keuangan antara pengeluaran yang sifatnya kebutuhan untuk bertahan hidup seperti belanja bulanan, listrik, air dan sebagainya dengan pengeluaran yang sifatnya keinginan dan luxury seperti rekreasi dan hiburan
Ilustrasi/Fitlista
Ilustrasi/Fitlista

2. Membantu Kebutuhan Biaya Hidup

Uang THR dapat digunakan untuk membantu memperpanjang daya tahan dana yang ada. Dalam kondi saat ini, penyesuaian gaya hidup perlu dilakukan agar dana yang ada dapat bertahan selama mungkin.

Budi mengatakan penyesuaian gaya hidup dan pengeluaran ini bisa berbeda-beda untuk setiap orang dan keluarga.

“Maka kita harus menentukan dahulu prioritas keuangan antara pengeluaran yang sifatnya kebutuhan untuk bertahan hidup seperti belanja bulanan, listrik, air dan sebagainya dengan pengeluaran yang sifatnya keinginan dan luxury seperti rekreasi dan hiburan,” katanya.

Dia mengatakan secara skala prioritas maka pengeluaran seperti rekreasi dan hiburan dapat menjadi salah satu pos yang bisa dihemat/dihilangkan untuk sementara waktu ini atau digantikan dengan aktivitas lainnya yang memiliki manfaat yang sama, namun berbiaya rendah atau bahkan tanpa biaya.

“Yang menjadi prioritas adalah pengeluaran untuk survival [bertahan dan memenuhi kebutuhan] serta pengeluaran-pengeluaran lainnya yang mendukung produktivitas dan kesehatan serta untuk berjaga-jaga seperti misalnya jaringan internet,” katanya.

Setiap prioritas pengeluaran dapat dihemat jika diperlukan, baik dengan cara menghilangkan pos pengeluaran tertentu, mengurangi penggunaan atau dengan melakukan substitusi.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

    Konten Premium

    Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

    Artikel Terkait

    Berita Lainnya

    Berita Terbaru

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    # Hot Topic

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Rekomendasi Kami

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Foto

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper