Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Weekend Banking Tak Dibuka, Ini Alternatif Layanan Bank Besar Saat Lebaran

Layanan weekend banking di sejumlah bank besar tutup pada hari pertama lebaran yang jatuh pada Minggu (24/5/2020). Namun, nasabah dapat menggunakan sejumlah alternatif lewat layanan digital untuk memenuhi kebutuhan.
Ilustrasi Bank/Istimewa
Ilustrasi Bank/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Layanan weekend banking di sejumlah bank besar tutup pada hari pertama lebaran yang jatuh pada Minggu (24/5/2020). Namun, nasabah dapat menggunakan sejumlah alternatif lewat layanan digital untuk memenuhi kebutuhan.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. tidak mengoperasikan layanan weekend banking pada hari ini. Kantor cabang Bank Mandiri baru beroperasi terbatas pada 25 Mei 2020. Khusus di Jakarta, kantor cabang yang beroperasi berada di KC Serang dengan waktu layanan 09.00 WIB sampai 14.00 WIB.

Pembukaan kantor cabang di Bank Mandiri selengkapnya dapat dilihat pada laman resminya. Selain itu, sejumlah ATM Bank Mandiri juga masih beroperasi untuk memberikan pelayanan.

Bank Mandiri pun mengimbau agar nasabah menggunalan layanan Mandiri Online untuk melakulan transaksi pembayaran, transfer, pembukaan rekening deposito, maupun transaksi lainnya.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. menyatakan akan tetap mengoperasikan layanan di sebagian kecil outlet pada masa libur lebaran 2020. Layanan hanya tidak beroperasi untuk weekend banking yang jatuh pada Minggu (24/5/2020).

Adapun BNI tetap menyediakan layanan penerimaan Online Payment Banking System (OPBS) Pertamina pada hari – hari libur Idulfitri 1441 H, yaitu pada tanggal 21, 22, 23, dan 25 Mei 2020. Khusus layanan ini, BNI membuka operasionalnya mulai pukul 10.00 hingga 12.00 waktu setempat di 23 outlet.

Informasi outlet dapat diperoleh pada situs resmi BNI. Sementara itu, mulai 26 Mei 2020, operasional berjalan seperti biasa.

Selama libur lebaran, nasabah tetap dapat mengakses layanan melalui channel elektronik BNI setiap harinya, seperti ATM, internet banking, SMS banking, mobile banking, Agen46, maupun Call Center BNI pada nomor 1500046 yang senantiasa aktif 7 x 24 jam.

Selain itu, sebanyak 18.669 ATM atau CRM BNI juga siap digunakan untuk transaksi dan tersebar di lokasi strategis. Nasabah juga dapat memanfaatkan fasilitas transfer online hingga Rp400 juta melalui BNI Mobile Banking.

PT  Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. juga memberikan layanan operasional terbatas selama libur lebaran. Adapun 172 kantor BRI memberikan layanan operasional terbatas selama 22-23 Mei 2020.

Daftar kantor cabang yang memberikan layanan operasional terbatas di BRI dapat dilihat pada laman resminya.

BRI pun memastikan perangkat e-channel BRI seperti 18.667 mesin ATM dan 3.809 mesin CRM dalam kondisi baik untuk digunakan oleh nasabah. Saat ini BRI juga memiliki lebih dari 428.000 Agen yang dapat melayani transaksi perbankan seperti setor dan tarik tunai, transfer antar bank, pembayaran, isi ulang pulsa, belanja merchant, informasi rekening serta penjualan Asuransi Mikro Kecelakaan, Kesehatan dan Meninggal Dunia (AMKKM). 

PT Bank Central Asia Tbk. juga tidak mengoperasikan layanan weekend banking. Selama periode libur lebaran, BCA memberikan layanan banking from home.

Layanan kantor cabang baru beroperasi kembali pada Selasa (26/5/2020) dengan pengaturan buka tutup sementara sesuai protokol PSBB.

Nasabah tetap dapat memanfaatkan #BankingFromHome BCA melalui channel electronic banking BCA seperti mobile banking (BCA mobile), internet banking (KlikBCA), serta di 17.928 ATM BCA. 

Sementara itu, bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi setoran uang tunai dapat menggunakan mesin ATM Setor Tarik BCA yang telah tersebar di berbagai lokasi. Nasabah juga dapat memanfaatkan fasilitas Tarik Tunai Tanpa Kartu yang dapat diakses melalui BCA mobile dan Sakuku. 

BCA pun telah menyiapkan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Perseroan menyediakan uang tunai sebesar Rp39 triliun untuk Lebaran tahun ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper