Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KoinWorks dan Mandiri Investasi Kerja Sama Otomatisasi Reksa Dana bagi Pendana

KoinWorks menggandeng Mandiri Manajemen Investasi untuk pengelolaan dana lender yang secara otomatis diinvestasikan ke instrumen pasar modal Reksa Dana Mandiri Investasi Pasar Uang 2.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 10 Juni 2020  |  16:01 WIB
Karyawan menunjukan aplikasi KoinWorks saat meluncurkan KoinP2P di Jakarta, Kamis (20/2 - 2020).
Karyawan menunjukan aplikasi KoinWorks saat meluncurkan KoinP2P di Jakarta, Kamis (20/2 - 2020).

Bisnis.com, JAKARTA - PT Lunaria Annua Teknologi (KoinWorks) resmi menggandeng PT Mandiri Manajemen Investasi untuk pengelolaan dana lender yang secara otomatis diinvestasikan ke instrumen pasar modal Reksa Dana Mandiri Investasi Pasar Uang 2.

Benedicto Haryono selaku CEO & Co-Founder KoinWorks menjelaskan keputusan ini sejalan dengan peraturan Otoritas Jasa Keuangan terkait saldo kas lender pada akun P2P lending yang tidak diperbolehkan mengendap lebih dari dua hari.

Selain itu, KoinWorks juga ingin menjadikan momen kerja sama ini untuk mendorong pertumbuhan investor pasar modal di Indonesia yang dimulai dari para penggunanya. Kerja sama ini memungkinkan lender KoinWorks untuk juga menjadi investor pasar modal hanya dengan menggunakan satu platform keuangan.

“KoinWorks percaya bahwa selain menawarkan alternatif pendanaan di sektor produktif, pertumbuhan investor di pasar modal yang dapat dilihat dari pertumbuhan kepemilikan Single Investor Identification (SID) di Indonesia juga perlu ditingkatkan untuk mendorong perwujudan inklusi keuangan di Indonesia," ujarnya dalam keterangan resmi Rabu (10/8/2020).

Sejalan dengan visi tersebut, Koinworks menjalin kerja sama strategis dengan Mandiri Manajemen Investasi yang sudah memiliki pengalaman yang luas di bidang pengelolaan portofolio investasi dan juga aktif mendorong pertumbuhan investor pasar modal di Indonesia.

Saldo kas lender yang tersedia akan diinvestasikan dalam bentuk instrumen reksadana Mandiri Investasi Pasar Uang 2 (MIPU2 T+0) dan disimpan dan dicatat oleh Bank Kustodian terpercaya yang telah berizin dan diawasi oleh OJK.

Pemilihan instrumen reksadana jenis pasar uang ini juga dilakukan untuk menstimulasi ketertarikan lender menjadi investor pada instrumen pasar modal atau reksadana jenis lain. Hal ini sejalan dengan komitmen KoinWorks untuk dapat terus mendorong peningkatan inklusi keuangan di Indonesia.

“Mandiri Investasi terus mendukung kolaborasi dengan KoinWorks melalui produk unggulan kami yaitu Reksa Dana MIPU2. Produk Reksa Dana MIPU2 ini sangat inovatif dikarenakan likuiditasnya yang sangat tinggi dengan waktu transaksi T+0 atau same day settlement sehingga pencairan bisa dilakukan di hari yang sama yang membuat produk ini sangat cocok menjadi underlying otomatisasi Reksa Dana bagi pendana," ujar Alvin Pattisahusiwa, Direktur Utama PT Mandiri Manajemen Investasi.

Dana lender yang mengendap di platform Koinworks lebih dari dua hari akan secara otomatis dikonversikan menjadi Reksa Dana yang dikelola oleh Mandiri Investasi. Proses seamless ini memudahkan user untuk menjadi lender sekaligus investor.

Jika nantinya lender hendak melakukan pendanaan, dana dapat langsung digunakan tanpa perlu mencairkan reksadana terlebih dahulu.

Kepemilikan unit Reksa Dana akan secara otomatis berkurang sesuai dengan jumlah pendanaan yang dilakukan. Jumlah pendanaan dihitung berdasarkan jumlah unit Reksa Dana yang dikalikan dengan harga NAB per unit untuk hari tersebut.

“Apabila dilihat dari segi user experience, lender tidak akan merasakan adanya perbedaan sama sekali dengan sistem yang sudah berjalan sebelumnya. Kami memberikan kemudahan dengan melakukan proses otomatisasi yang hassle-free pada hal ini,” tutup Benedicto.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fintech Koinworks
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

BisnisRegional

To top