Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bank MUFG di Indonesia Jaga Kualitas Kredit dan Likuiditas Tahun Ini

Berdasarkan laporan publikasinya, MUFG Bank Ltd. for Indonesia pun mencatatkan penurunan LDR sebesar 4.280 basis poin secara tahunan menjadi 239,01 persen pada kuartal I/2020.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 23 Juni 2020  |  19:12 WIB
Logo Bank MUFG - Istimewa
Logo Bank MUFG - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kantor cabang MUFG Bank Ltd. di Indonesia fokus pada konsolidasi internal untuk tahun ini.

Managing Director, Head of Global Corporate & Institutional Banking MUFG Bank Ltd. for Indonesia Pancaran Affendi mengatakan perusahaan fokus pada konsolidasi internal dengan terus memperhatikan kondisi keuangan nasabah di tengah masa pandemi.

Dia menambahkan kualitas kredit dan kondisi likuiditas akan tetap dipertahankan pada kondisi yang kuat. Perusahaan pun tidak melihat adanya penurunan likiditas yang signifikan yang memberatkan kondisi kinerja.

"Seiring pertumbuhan kami, karena kondisi likuiditas yang cukup solid dan tumbuh kuat," katanya, Selasa (23/6/2020).

Berdasarkan laporan publikasinya, MUFG Bank Ltd. for Indonesia pun mencatatkan penurunan LDR yang cukup baik, yakni turun 4.280 basis poin secara tahunan menjadi 239,01 persen pada kuartal pertama tahun ini. Kredit terpangkas tipis, tetapi dana masyarakat terpantan tumbuh agresif.

Sementara itu, berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan, loan to deposits ratio (LDR) bank asing pada triwulan pertama tahun ini berada pada posisi 109,65 persen, turun dari 139,71 persen per kuartal I/2019.

Pelonggaran ini bukan disebabkan oleh penyaluran kredit yang semakin selektif, melainkan karena penghimpunan dana pihak ketiga yang semakin gencar.

Per kuartal I/2020, kredit bank asing tercatat tumbuh 3,7 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp252,69 triliun dari Rp243,69 triliun, sedangkan dana pihak ketiga (DPK) tumbuh 32,11 persen yoy menjadi Rp230,44 triliun dari Rp174,42 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank asing rencana bisnis bank Mitsubishi UFJ Financial Gorup (MUFG)
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top