Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Ini, DPR Dijadwalkan Lakukan Uji Kelayakan Calon Deputi Gubernur BI

Wakil Ketua Komisi XI DPR Achmad Hatari mengatakan proses fit and proper test para calon Deputi Gubernur Bank Indonesia akan dilakukan pada 7 - 8 Juli 2020.
Karyawan keluar dari pintu salah satu gedung Bank Indonesia di Jakarta, Senin, (20/1/2020).  Bisnis/Abdullah Azzam
Karyawan keluar dari pintu salah satu gedung Bank Indonesia di Jakarta, Senin, (20/1/2020). Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dijadwalkan akan melakukan proses uji kelayakan dan kepatutan terhadap tiga nama pejabat internal Bank Indonesia pada hari ini, Selasa (7/7/2020) dan Rabu (8/7/2020).

Mereka merupakan para kandidat Deputi Gubernur Bank Indonesia yang diusulkan Presiden Joko Widodo untuk dipilih DPR. Salah satu dari ketiga calon tersebut akan terpilih untuk menggantikan Erwin Rijanto yang masa jabatannya berakhir 17 Juni 2020.

Ketika dihubungi Bisnis.com, Wakil Ketua Komisi XI DPR Achmad Hatari mengatakan proses fit and proper test para calon Deputi Gubernur Bank Indonesia akan dilakukan pada 7 - 8 Juli 2020.

Adapun, tiga nama yang akan bersaing sebagai calon Deputi Gubernur BI adalah Aida S. Budiman, Doni Primanto Joewono, dan Juda Agung.

Ketiga nama tersebut merupakan usulan dari Presiden yang telah disampaikan kepada DPR melalui surat Nomor RXXI/PSIV/2020 perihal usul calon deputi gubernur Bank Indonesia.

Aida S. Budiman merupakan Asisten Gubernur yang juga Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter. Aida juga pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Internasional BI.

Sementara itu, Juda Agung masih menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial yang juga Asisten Gubernur. Juda sebelumnya menjabat sebagai Direktur Eksekutif di Dana Moneter Internasional (IMF) yang mewakili 13 negara, termasuk 10 negara Asean, dua negara Pasifik, dan Nepal.

Doni Primanto Joewono saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Sumber Daya Manusia BI dan merupakan Direktur Eksekutif. Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Perwakilan BI Jawa Barat dan Kepala Kantor Perwakilan BI DKI Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fahmi Achmad
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper