Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PNM Siap Lunasi Obligasi Jatuh Tempo dari Kas Internal

Nilai pokok pelunasan obligasi BUMN yang mengemban tugas dalam pembiayaan dan pendampingan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ini senilai Rp750 miliar.
Logo PNM/Istimewa
Logo PNM/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) siap melakukan pembayaran Obligasi Berkelanjutan II Tahap 1 Seri A Tahun 2017 yang jatuh tempo pada Minggu (12/7/2020).

Nilai pokok pelunasan obligasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengemban tugas dalam pembiayaan dan pendampingan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ini senilai Rp750 miliar.

EVP Keuangan dan Operasional PNM Sunar Basuki menjelaskan bahwa sebelumnya perseroan menggunakan penerimaan obligasi untuk modal kerja perusahaan, yang kemudian disalurkan untuk pembiayaan UMKM.

"Kami selalu menjaga komitmen dan telah mempersiapkan sumber dana pelunasan yang berasal dari dana internal perseroan," jelas Sunar, dalam keterangannya, Jumat (10/7/2020).

Sunar pun menjamin komitmen penyaluran pembiayaan kepada UMKM akan terus berjalan, bahkan selama masa pandemi Covid-19.

"PNM tetap menyalurkan pembiayan kepada usaha ultra mikro dan UMKM. Pada 2020 PNM telah menyalurkan pembiayaan lebih dari Rp8,2 triliun. Kami harapkan penyaluran ini dapat menggerakkan kegiatan ekonomi masyarakat bawah," tambahnya.

Sekadar informasi, Obligasi Berkelanjutan II Tahap 1 Seri A Tahun 2017 PNM memiliki tingkat bunga 8,75 persen per tahun dengan tanggal penerbitan 12 Juli 2017.

Pembayaran kupon surat utang tersebut dilakukan setiap triwulanan dengan wali amanat PT Bank Mega dan underwriter Bahana sekuritas, Indopremier Sekuritas, dan CIMB Sekuritas.

Obligasi tersebut tidak dijamin dengan agunan berupa aset tetap dan/atau piutang usaha karena obligasi tersebut mendapat rating investment grade idA+ dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper