Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ada Hibah Modal Kerja dan KUR Super Mikro, BRI Optimistis Tambah Debitur UMKM

Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengatakan pemanfaatan dana pemerintah memiliki fungsi yang sangat luas, sehingga tdak hanya diarahkan pada debitur baru. Namun, perseroan dapat memanfaatkan hibah modal kerja dan kredit usaha rakyat super mikro untuk menyalurkan kredit pada pelaku UMKM baru.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 19 Agustus 2020  |  11:57 WIB
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI) Sunarso didampingi direksi lainnya menyimak pertanyaan awak media sesuai rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) di Jakarta, Selasa (18/2/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI) Sunarso didampingi direksi lainnya menyimak pertanyaan awak media sesuai rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) di Jakarta, Selasa (18/2/2020). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. tetap berkomitmen untuk memperluas basis debitur pada pelaku UMKM baru seiring dengan bantuan pemerintah melalui hibah modal kerja dan kredit usaha rakyat super mikro.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengatakan pemanfaatan dana pemerintah memiliki fungsi yang sangat luas sehingga tidak hanya diarahkan pada debitur baru. Namun, perseroan dapat memanfaatkan hibah modal kerja dan kredit usaha rakyat super mikro untuk menyalurkan kredit pada pelaku UMKM baru.

"Penyaluran kredit pada UMKM baru tentu kami akan upayakan, yakni dengan dua skema yakni hibah modal kerja dan kredit usaha rakyat super mikro," katanya, Rabu (19/8/2020).

Melalui hibah modal kerja, Sunarso menjelaskan, perseroan telah melakukan pendataan, persiapan sistem, dan persiapan tenaga sosialisasi.

"Asalkan dananya sudah siap, kami siap. Dalam versi kami, kami memiliki nasabah tabungan terverifikasi sekitar 1,1 juta yang dapat memanfaatkan subsidi dari pemerintah tersebut untuk membuka usaha," katanya.

Adapun, Kementerian Koperasi dan UMKM tengah menggodok insentif baru yakni hibah modal kerja untuk pelaku usaha mikro kecil menengah yang unbankable, yakni Rp2,4 juta per pelaku usaha. Selanjutnya, Sunarso mengatakan KUR super mikro juga akan sangat membantu penyaluran kredit pada debitur baru.

"Yang ini adalah KUR yang sumber dananya BRI mencari sendiri, disalurkan ke nasabah, dan bunganya dibayar negara," ujarnya.

Adapun, pemerintah menargetkan program ini untuk pembiayaan kepada para pekerja yang terdampak PHK dan ibu-ibu rumah tangga dengan jumlah sampai 3 juta debitur baru.

Pinjaman tanpa bunga ini akan berlaku sampai akhir 2020. Para penerima manfaat pun dapat tetap memanfatkan pinjaman bersubsidi dengan bunga KUR normal 6% pada masa selanjutnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan bri Kinerja Emiten
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top