Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Baru Dikenalkan, Pengguna Bisnis Jenius Capai 90.000 Akun

Akun Bisnis Jenius membantu pengguna memisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan usaha.
Jenius Bisnis/jenius.com
Jenius Bisnis/jenius.com

Bisnis.com, JAKARTA - Jenius, aplikasi digital banking dari Bank BTPN, memperkenalkan layanan Akun Bisnis Jenius dan Bisniskit dari Jenius, yang membantu digital savvy untuk mengatur keuangan para pebisnis dan mengelola bisnisnya agar tumbuh lebih cepat.

Waasi B. Sumintardja, Digital banking Business Product Head Bank BTPN, mengatakan akun bisnis ini membantu pengguna memisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan usaha. Layanan Akun bisnis Jenius tersedia secara otomatis pada aplikasi Jenius.

Bagi pengguna Jenius dapat melakukan aktivasi akun bisnis Jenius tanpa harus ke bank, melakukan verifikasi ulang, menyerahkan dokumen atau syarat tambahan maupun setoran minimum. Seluruh proses bisa dilakukan melalui satu aplikasi yang sama.

Dia mengatakan animo masyarakat terhadap akun bisnis Jenius sangat besar meski belum resmi diluncurkan. Besarnya animo masyarakat tercermin dari peningkatan jumlah pengguna mencapai 34 persen pada masa awal pandemi berlangsung.

"Jumlah pengguna akun bisnis Jenius sudah 90.000 akun. Jumlah transaksi setiap akun sebanyak 2-3 kali transaksi per hari," katanya, Rabu (16/9/2020).

Waasi menambahkan pihaknya saat ini belum memasang target khusus untuk jumlah pengguna akun bisnis Jenis. Namun, Jenius berharap dapat menggarap 63 persen digital savvy yang baru memulai usaha tetapi belum memisahkan rekening dan cash flow pribadi dan bisnis.

Jenius saat ini terus menerima ide, masukan, dan menyempurnakan fitur layanan sehingga menjadi solusi yang pas dan bermanfaat untuk digital savy, khususnya mereka yang baru memulai usaha. Ke depan, Jenius juga merancang pinjaman untuk pelaku usaha. Melalui akun bisnis Jenius, harapannya penyaluran bisa lebih tepat sasaran.

"Jenius sendiri bagian dari BTPN yang melayani segemen usaha mikro dan kecil. Tentunya kami bagian dari BTPN dan khusus digital teknologi, ingin membantu para pelaku usaha lebih melek digital," imbuhnya.

Lantas, bagaimana proses aktivasi akun bisnis Jenius? Proses aktivasi Akun bisnis Jenius di aplikasi Jenius hanya membutuhkan tiga langkah. Pertama, pilih menu di kiri atas aplikasi Jenius dan pilih “Bisnis”.

Kedua, memilih izinkan dan aktifkan Akun Bisnis. Ketiga, menentukan $Cashtag baru untuk Akun Bisnis dan lanjutkan. Setelah memasukkan kata kunci (password), maka Akun bisnis Jenius telah aktif dan bisa digunakan.

Saat ini Akun bisnis Jenius memiliki fitur-fitur seperti Send It yang memudahkan untuk kirim uang, In & Out untuk mencatat dan menelusuri histori transaksi, dan m-Card merupakan kartu debit virtual untuk transaksi online.

Selain itu para pengguna juga mendapatkan $Cashtag dan nomor rekening baru untuk kirim dan terima uang serta Jenius Contacts yang berfungsi untuk menyimpan nomor telepon dan email untuk keperluan bisnis.

Jenius memperkenalkan aplikasi pendukung yaitu layanan Bisniskit dari Jenius yang merupakan aplikasi bebas biaya. Aplikasi ini dihadirkan Jenius agar membantu pengguna mengelola bisnis dengan lebih simpel.

Bisniskit dari Jenius memiliki dua menu utama, yaitu Toko dan Kasir. Melalui menu Toko, pengguna dapat mengelola bisnisnya dengan menggunakan fitur-fitur unik, seperti Dashboard yang menyajikan informasi dan kondisi terkini bisnis atau toko, Produk untuk mencatat produk dan mengetahui stok yang dimiliki, Pengeluaran untuk mencatat, membuat jadwal, dan melihat histori pengeluaran, Pelanggan untuk menyimpan dan melihat data pelanggan, dan Pengaturan Toko untuk mengelola toko dan memberikan akses kepada karyawan.

Dari menu Kasir, pengguna dapat mengakses mesin kasir sederhana untuk memproses transaksi dengan empat metode pembayaran, yaitu uang tunai, kartu debit, kartu kredit, dan transfer ke Akun Bisnis Jenius yang bisa langsung dihubungkan dengan Akun bisnis Jenius.

Mesin kasir sederhana ini dapat dihubungkan langsung ke mesin cetak (printer) untuk mencetak struk serta dapat digunakan untuk mengirimkan struk tersebut dalam bentuk PDF kepada pelanggan melalui email dan aplikasi chat. Aplikasi pendukung ini dapat diunduh pada App Store dan juga Google Playstore.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper