Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BRI (BBRI) Jaga Margin Bunga Bersih Lewat Selektif Beri Kredit

Pada paruh pertama 2020, BRI mencatat adanya penurunan margin bunga bersih atau net interest margin (NIM) sebesar 1,3 persen dibandingkan dengan posisi Juni 2019 menjadi 7,02 persen.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 27 September 2020  |  15:45 WIB
Salah satu kantor Bank BRI - bri.co.id
Salah satu kantor Bank BRI - bri.co.id

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. mengaku akan tumbuh secara selektif di segmen UMKM khususnya mikro dan sektor tidak terdampak signifikan untuk menjaga perolehan margin bunga bersih tahun ini.

Adapun pada paruh pertama 2020, BRI mencatat adanya penurunan margin bunga bersih atau net interest margin (NIM) sebesar 1,3 persen dibandingkan dengan posisi Juni 2019 (year on year/YoY) menjadi 7,02 persen.

Sementara itu, rasio biaya operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO) tercatat naik 6,37 persen YoY pada Juli 2020 menjadi 77,49 persen.

Direktur Keuangan BRI Haru Koesmahargyo mengatakan kenaikan BOPO lebih dikarenakan adanya tekanan pada pendapatan bunga akibat restrukturisasi yang aktif dilakukan sejak akhir Maret 2020. Restrukturisasi dilakukan sebagai upaya penyelamatan UMKM terdampak Covid-19.

"Hal ini juga memberikan tekanan pada pendapatan bunga yang berdampak pada penurunan NIM," katanya kepada Bisnis, akhir pekan lalu.

Menurutnya, untuk menjaga NIM, BRI akan tumbuh secara selektif di segmen UMKM khususnya Mikro dan di sektor tidak terdampak signifikan. Sektor tersebut yakni pangan, sembako, dan Kesehatan. BRI juga akan melakukan efisiensi biaya dana dengan fokus pada pertumbuhan dana murah atau CASA.

"Investasi digital yang saat ini kami lakukan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan efisiensi dan meningkatkan fee-based income yang pada akhirnya juga akan menurunkan BOPO," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri nim kinerja bank
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top