Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jenius Gaet Kopi Kenangan hingga JD.ID, Perluas Layanan Transaksi Online

Kolaborasi ini untuk mendukung ekosistem ekonomi digital dan transaksi online maupun cashless.
Aplikasi dan Kartu Jenius/jenius.com
Aplikasi dan Kartu Jenius/jenius.com

Bisnis.com, JAKARTA - Jenius, layanan digital banking BTPN, menambah tiga merchant baru yang dapat menerima pembayaran Jenius Pay, yakni Kopi Kenangan, JD.ID, dan Kitabisa. Dengan begitu, sejak diperkenalkan pada 2017 Jenius Pay kini telah tersedia di 29 merchant.

Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN, mengatakan kolaborasi ini untuk mendukung ekosistem ekonomi digital dan transaksi online maupun cashless. Data Bank Indonesia menunjukkan, pertumbuhan pembayaran digital selama masa pandemi meningkat 65 persen.

Pelaku pembayaran digital juga tidak hanya datang dari kalangan milenial, tetapi juga berbagai kalangan usia. Oleh karena itu, Jenius terus berinovasi untuk melayani berbagai macam segmen nasabah.

Salah satu fitur yang dikembangkan yakni pembayaran menggunakan Jenius Pay. Fitur ini menggunakan $Cashtag (identitas pengganti nomor rekening untuk pengguna Jenius) di berbagai merchant rekanan Jenius, sehingga lebih aman bagi nasabah.

Waasi menambahkan selama masa pandemi jumlah transaksi Jenius Pay meningkat 6 kali lipat dibandingkan dengan sebelum situasi pandemi, sedangkan jumlah pengguna naik 3 kali lipat. Pertumbuhan nominal transaksi Jenius Pay pada Maret-Oktober 2020 mencapai 401 persen. Pada periode yang sama, pertumbuhan volume transaksi Jenius Pay naik 212 persen.

Peningkatan transaksi digital selama pandemi juga terlihat pada Jenius Study: Perilaku Digital Savvy Selama Masa Adaptasi Kebiasaan Baru yang dilakukan pada Mei 2020 kepada 267 responden berusia 16 – 40 tahun. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa digital/mobile banking adalah banking channel yang paling sering digunakan selama masa adaptasi kebiasaan baru (79 persen).

"Kelompok 3 besar yang mencatat kenaikan transaksi paling tinggi ada di e-commerce, diikuti donasi, dan F&B. Di e-commerce naik lebih dari 50 persen," katanya, Kamis (3/12/2020).

Waasi menambahkan Jenius Pay memiliki sejumlah keunggulan seperti penggunaan yang lebih mudah karena hanya ada 2 langkah metode pembayaran yakni request dan pay, lebih aman dengan meggunakan $Cashtag (identitas pengganti nomor rekening untuk pengguna Jenius) di berbagai merchant rekanan Jenius.

Di samping itu, adanya autentikasi keamanan berlapis (sensor wajah/sidik jari, PIN, dan password), real time transaction & settlement, dan bisa menentukan sumber dana yang diinginkan dari saldo aktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper