Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemendagri Minta Pemda Fokus Bantu UMKM Bangkit dari Pandemi

Kemendagri mengharapkan pemerintah daerah mendorong sektor UMKM untuk bisa bertumbuh lebih baik di tengah pandemi.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 10 Desember 2020  |  11:53 WIB
Perajin melakukan proses produksi keramik di sentra industri keramik Kiaracondong, Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/2/2019). - ANTARA/Raisan Al Farisi
Perajin melakukan proses produksi keramik di sentra industri keramik Kiaracondong, Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/2/2019). - ANTARA/Raisan Al Farisi

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Dalam Negeri meminta pemerintah daerah untuk tidak hanya fokus pada masalah kesehatan, tetapi juga memperhatikan jaring pengamaman sosial dan penanganan dampak ekonomi termasuk sektor UMKM.

Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Mochamad Ardian Noervianto mengharapkan pemerintah daerah mendorong sektor UMKM untuk bisa bertumbuh lebih baik di tengah pandemi. Saat ini sudah ada pinjaman-pinjaman yang disalurkan melalui Bank Pembangunan Daerah (BPD) dengan target mendorong pertumbuhan sektor UMKM.

Menurutnya, dari 11 BPD yang mendapatan penempatan uang negara (PUN) senilai Rp14 triliun, telah tersalurkan kredit mencapai Rp27,65 triliun. Rata-rata sektor yang disalurkan kredit dari PUN oleh ke-11 BPD tersebut adalah UMKM.

"Sudah ada pinjaman-pinjaman yang disalurkan melalui BPD untuk dorong spending bisa semakin baik proses dan implementasinya, sehingga bank penerima PEN bisa dorong kredit ke sektor UMKM," katanya dalam diskusi interaktif Rapat Koordinasi Nasional TPAKD 2020 yang dilakukan secara virtual, Kamis (10/12/2020).

Selain melalui BPD, Kemendagri juga mengharapkan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang ada di seluruh Indonesia untuk mendorong penyaluran kredit usaha rakyat (KUR). BPR diharapkan ikut berperan dalam mendukung sektor UMKM di tengah pandemi.

"Ada 240 BPR yang kami arahkan untuk bisa fokus dalam pemberian KUR di masing-masing daerah, ini langkah yang kami lakukan agar sinergi Pemda, bank, dan kementerin lembaga bisa mendukung UMKM lebih baik lagi," sebutnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm kur bpr pemda kemendagri bpd
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top