Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Mandiri Sekuritas di Balik Restrukturisasi Polis Jiwasraya. Apa Tugasnya?

Pada Jumat (11/12/2020), tim percepatan meresmikan mulainya program restrukturisasi polis dan Tim Percepatan Restrukturisasi Jiwasraya memperkenalkan diri untuk pertama kalinya.
PT Mandiri Sekuritas
PT Mandiri Sekuritas

Bisnis.com, JAKARTA — PT Mandiri Sekuritas tercatat berada di dalam struktur Tim Percepatan Restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Keterlibatan anak usaha Bank Mandiri itu dalam proses penyehatan Jiwasraya dikabarkan berlangsung sejak 2019.

Pada Jumat (11/12/2020), tim percepatan meresmikan mulainya program restrukturisasi polis. Dalam pengumuman resmi itu, Tim Percepatan Restrukturisasi Jiwasraya pun memperkenalkan diri untuk pertama kalinya.

Tim itu terdiri dari sembilan orang anggota, enam di antaranya merupakan unsur internal Jiwasraya, yakni jajaran direksi. Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko berperan sebagai ketua tim percepatan tersebut.

Dalam tim itu pun terdapat Robertus Bilitea selaku Wakil Ketua tim sekaligus Direktur Utama Indonesia Financial Group (IFG), pihak yang membentuk IFG Life. Dua nama lainnya merupakan pihak eksternal atau di luar tubuh Jiwasraya dan IFG, yakni Dannif Danusaputro selaku Lead Consultant Restrukturisasi dan Dewi Djalal dari Dewi Djalal and Partners Law Office selaku Konsultan Hukum Jiwasraya.

Selain sebagai konsultan, Dannif pun berperan sebagai Anggota Tim Koordinasi Solusi Jangka Pendek Restrukturisasi Polis Jiwasraya. Tidak hanya itu, dalam proses restrukturisasi ini pun dia tetap membawa jabatannya sebagai Direktur Utama PT Mandiri Sekuritas.

Kenapa anak usaha PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. itu terlibat dalam pusaran restrukturisasi polis Jiwasraya? Menurut Dannif, pihaknya memang terlibat sejak awal dalam perancangan skema penyelamatan polis itu.

"Peran Mandiri Sekuritas adalah sebagai leading and coordinating consultant dalam merancang program restrukturisasi Jiwasraya ini. Jadi, salah satu tugas kami adalah mengkoordinasi beberapa konsultan teknis lainnya," ujar Dannif kepada Bisnis, Jumat (11/12/2020).

Menurutnya, peran itu merupakan bagian dari layanan corporate advisory dari bisnis investment banking di perseroan. Hingga kuartal III/2020, lini bisnis itu telah melaksanakan 54 mandat penerbitan emisi obligasi dan sukuk korporasi, pencatatan saham perdana, right issues, dan lainnya.

Bisnis memperoleh informasi bahwa Mandiri Sekuritas pun terlibat dalam penerbitan medium term notes (MTN) Jiwasraya pada 2019 dan turut membantu aktivitas Jiwasraya Putra. Namun, Dannif belum memberikan respons saat Bisnis mengonfirmasi hal tersebut.

Hexana menjelaskan bahwa pelaksanaan program itu merupakan komitmen sekaligus bentuk tanggung jawab pemerintah dalam menyelesaikan masalah keuangan perseroan.

“Tujuan utama dari program restrukturisasi polis Jiwasraya adalah penyelamatan polis dengan menjaga keberlangsungan manfaat polis," ujar Hexana pada Jumat (11/12/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper