Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada Pandemi, BRI (BBRI) Tetap Siap Setor Dividen Lebih Tinggi

Pada tahun lalu, perseroan membagikan 60 persen dividen dari total laba bersih tahun buku 2019, yang senilai Rp34,4 triliun.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 14 Januari 2021  |  09:32 WIB
Gedung BRI - bri.co.id
Gedung BRI - bri.co.id

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menyatakan siap menyetor dividen dengan rasio lebih tinggi dari laba tahun buku 2020 jika pemerintah membutuhkan.

Direktur Keuangan BRI Haru Koesmahargyo menyampaikan penentuan besaran dividen merupakan kewenangan pemegang saham dalam hal ini pemerintah dan pemegang saham lainnya yang akan diputuskan pada saat pelaksanaan RUPS Tahunan.

Dalam setiap usulan besaran dividen, BRI selalu memperhatikan beberapa faktor, antara lain tingkat kecukupan modal, keberlanjutan pertumbuhan bisnis serta kemampuan bank dalam memitigasi timbulnya risiko yang ada.

Haru menyampaikan perseroan hanya fokus pada pengembangan bisnis tahun ini. Bank BRI memastikan posisi kecukupan modal saat ini sudah sangat cukup untuk dapat melakukan ekspasni sekaligus menyerap potensi risiko pembiayaan yang muncul.

"Dengan kondisi CAR [rasio kecukupan modal/ capital adequacy ratio] BRI saat ini, kami siap apabila diminta pemerintah untuk membayar dividend ratio sama seperti tahun lalu atau pun lebih," katanya kepada Bisnis, Rabu (13/1/2020).

Adapun, rasio kecukupan modal emiten berkode BBRI ini tercatat sebesar 20,38 persen per September 2020, turun tipis dari periode sama tahun sebelumnya 21,62 persen. 

Pada tahun lalu, perseroan membagikan 60 persen dividen dari total laba bersih tahun buku 2019, yang senilai Rp34,4 triliun.

Dia melanjutkan perseroan akan fokus di segmen UMKM dengan terus melakuan akselerasi digital inisiatif dan melakukan bisnis secara prudent untuk mencapai kinerja keuangan yang lebih baik.

"Kami harap hal ini juga dapat menjadi pertimbangan investor untuk terus mendukung peningkatan kinerja saham BBRI ke depannya," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri dividen bank bumn kinerja bank
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top