Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laba Mandiri Syariah Sepanjang 2020 Capai Rp1,43 Triliun

Capaian positif perusahaan tercermin dari perolehan laba bersih perusahaan sebesar Rp1,43 triliun per Desember 2020, atau naik 12,51% dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya.
dok. Bank Syariah Mandiri
dok. Bank Syariah Mandiri

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Syariah Mandiri berhasil melalui 2020 dengan kinerja yang impresif di tengah situasi yang menantang akibat pandemi Covid-19. Capaian positif perusahaan tercermin dari perolehan laba bersih perusahaan sebesar Rp1,43 triliun per Desember 2020, atau naik 12,51% dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya.

Selain membukukan kenaikan laba bersih, Mandiri Syariah juga mencatat kinerja positif secara keseluruhan dengan pertumbuhan aset, pembiayaan dan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang signifikan dengan kualitas pembiayaan yang tetap terjaga. Capaian tersebut menunjukkan kuatnya tata kelola perusahaan yang dilakukan secara terukur, serta sesuai kaidah.

“Alhamdulilah, kami bersyukur atas semua pencapaian positif sepanjang 2020. Tentunya kami berterimakasih kepada stakeholders, terutama nasabah, serta seluruh pihak yang telah mendukung dan memberi kepercayaan kepada Mandiri Syariah,” kata Direktur Utama Mandiri Syariah Hery Gunardi.

Direktur Finance, Strategy and Treasury Mandiri Syariah Ade Cahyo Nugroho mengatakan bahwa secara keseluruhan, raihan laba bersih Mandiri Syariah pada 2020 ditopang oleh pertumbuhan pembiayaan dan membaiknya rasio pendanaan murah yang dikelola perusahaan.

Pembiayaan Mandiri Syariah tahun lalu tumbuh 10,43% secara tahunan, dari Rp75,54 triliun menjadi Rp83,43 triliun. Kemudian, DPK kelolaan Mandiri Syariah naik 12,80% yoy, dari Rp99,81 triliun menjadi Rp112,58 triliun.

Pembiayaan Mandiri Syariah yang tumbuh positif didorong oleh kontribusi kenaikan pembiayaan segmen retail sebesar 18,41% yoy menjadi Rp53,24 triliun.

Kinerja positif pembiayaan segmen retail ini didukung produk layanan berbasis emas (cicil emas dan gadai emas) yang naik 32,23% yoy menjadi Rp3,94 triliun dan pembiayaan konsumer (pembiayaan mitraguna, pembiayaan pensiunan, pembiayaan kepemilikan kendaraan dan rumah) yang naik 29,13% menjadi Rp39 triliun sepanjang 2020. Adapun untuk segmen corporate banking naik 4,83% yoy menjadi Rp23,43 triliun.

Terkait kualitas pembiayaan, Mandiri Syariah mampu mengimbangi pertumbuhan pembiayaan yang solid sepanjang 2020 dengan rasio pembiayaan bermasalah (NPF) yang terjaga, di mana NPF Netto tercatat 0,72%, dan NPF gross sebesar 2,51%.

Dalam hal pendanaan, kinerja positif terjadi karena ditopang oleh pertumbuhan dana tabungan hingga 18,73% menjadi Rp47,25 triliun. Angka tersebut lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan tabungan secara nasional yang berkisar di angka 15,65% pada Oktober 2020.

Pertumbuhan tersebut menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada Mandiri Syariah, sekaligus dampak dari adanya kemudahan layanan pembukaan rekening secara online. Sepanjang 2020 tercatat sebanyak 241.278 nasabah yang membuka rekening dari gawai.

Konsistensi Mandiri Syariah dalam melakukan inovasi produk layanan berbasis teknologi juga membuahkan hasil dengan adanya kenaikan transaksi di layanan digital Mandiri Syariah, terutama Mandiri Syariah Mobile (MSM) sepanjang 2020 yang naik 82,25% yoy dengan nilai transaksi mencapai Rp50,26 triliun.

Kenaikan transaksi tersebut menyumbang pendapatan berbasis komisi (Fee Based Income) dari MSM sebesar Rp66,9 miliar, naik 72% yoy dari total Fee Based Income sebesar Rp1,87 triliun menjadi Rp2,09 triliun, atau tumbuh 11,86% yoy.

Pencapaian tersebut menjadikan pendapatan margin dan bagi hasil bersih perusahaan sepanjang 2020 tumbuh 11,02% secara tahunan menjadi Rp5,87 triliun.

Sepanjang 2020 Mandiri Syariah juga mencatatkan penghimpunan zakat, sedekah, wakaf dan infak sebesar Rp151,7 miliar, dengan jumlah penyaluran sebesar Rp147, 5 miliar melalui program Pemberdayaan Desa Bina Sejahtera Mandiri (BSM), pembangunan masjid Mandiri Syariah Cipali, program BSM Mengalirkan Berkah (BMB), Islamic Sociopreneur Development Program (ISDP), ATM Beras, Bank Wakaf Mikro (BWM), dan program lainnya.

“Insyaallah, capaian positif Mandiri Syariah sepanjang 2020 tidak membuat kami terlena. Hal ini justru melecut semangat kami agar semakin tumbuh dan memberi sumbangsih yang lebih besar lagi kedepannya bagi nasabah, masyarakat serta pertumbuhan ekonomi nasional,” katanya.

Hery juga menyebut catatan positif sepanjang 2020 akan menjadi modal penting bagi Mandiri Syariah untuk bersama-sama dengan dua bank syariah milik Himbara untuk berkembang bersama di dalam satu entitas baru yang akan dibentuk, yaitu PT Bank Syariah Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Thomas Mola
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper