Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Vaksinasi Massal Dinilai Jadi 'Obat Kuat' untuk Kredit Tahun Ini. Bagaimana Bisa ?

Ekonom Universitas Indonesia (UI) sekaligus Direktur Eksekutif Next Policy Fithra Faisal Hastiadi menyampaikan permasalahan utama tahun ini adalah kepercayaan masyarakat dalam menghadapi pandemi.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 22 Februari 2021  |  16:31 WIB
Ilustrasi Bank - Istimewa
Ilustrasi Bank - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah diharapkan dapat mempertimbangkan program vaksinasi massal dengan melibatkan pihak swasta pada tahun ini.

Hal ini akan membuat distribusi vaksin lebih cepat dan mengembalikan optimisme konsumsi dan pelaku usaha serta mendorong penyaluran kredit tahun ini.

Ekonom Universitas Indonesia (UI) sekaligus Direktur Eksekutif Next Policy Fithra Faisal Hastiadi menyampaikan permasalahan utama tahun ini adalah kepercayaan masyarakat dalam menghadapi pandemi.

Jika pemerintah dapat lebih agresif dalam program vaksinasi dengan melibatkan swasta, maka kepercayaan korporasi tentu akan lebih cepat membaik.

"Hal ini pada akhirnya tentu juga akan lebih mempercepat untuk meningkatkan kinerja fungsi intermediasi," sebutnya, Senin (22/2/2021).

Dia berpendapat persepsi risiko perbankan masih belum cukup baik awal tahun ini akibat penyebaran virus corona yang masih cukup signifikan.

Dia melanjutkan kinerja korporasi sudah mulai meningkat dengan Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur Indonesia berada di posisi 52,2 pada Januari 2021.

Namun, kepercayaan konsumsi masyarakat masih belum pulih seutuhnya. Dana masyarakat di perbankan per Januari masih tumbuh siginifikan yang mengartikan kekhawatiran masyarakat termasuk pelaku usaha masih cukup tinggi.

Lagi pula, konsumsi perumahan dan otomotif masih belum menjadi prioritas utama di tengah pandemi tahun ini.

"Masyarakat kelas menengah yang mendapat insentif masih belum merasa rumah dan mobil ada kebutuhan utama. Apalagi, pendapatan masih belum kembali seutuhnya," sebutnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan kredit
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top