Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bos BI Bangga 15 Bank di Tanah Air Sudah Lakukan Digitalisasi dengan Cepat

Sejauh ini telah ada 10 hingga 15 bank yang sangat getol melakukan digitalisasi. BI dalam hal ini pun sangat mendukung dan mendorong industri perbankan untuk mengimplementasikan digitalisasi dengan cepat.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 25 Februari 2021  |  17:22 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (18/8 - 2020), Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (18/8 - 2020), Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan apresasinya pada sejumlah bank di Tanah Air yang telah melakukan digitalisasi dengan sangat cepat.

Perry mengatakan, sejauh ini telah ada 10 hingga 15 bank yang sangat getol melakukan digitalisasi. BI dalam hal ini pun sangat mendukung dan mendorong industri perbankan untuk mengimplementasikan digitalisasi dengan cepat.

"Saya merasa bangga 10-15 bank di Indonesia sudah melakukan digitalisasi dengan sangat kuat,” katanya, Rabu (25/2/2021).

Untuk mendorong pengembangan digital di perbankan, Perry mengatakan pihaknya terus berkoordinasi erat dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam hal ini, BI memberikan dukungan dari sisi sistem pembayaran.

“Jenis digitalisasi services bank itu kan banyak, karena itu kami dan Mas Wimboh [Ketua OJK] berkoordinasi. Kalau crowdfunding dan P2P lending ya mas Wimboh, funding dan financing Mas Wimboh, masalah kelembagaan bank juga di Mas Wimboh. Sementara kami dorong digitalisasi [dari sisi] sistem pembayaran,” jelasnya.

Dia menerangkan, salah satu upaya BI dalam mendorong digitalisasi perbankan adalah dengan mempercepat implementasi Quick Response Indonesia Standard (QRIS). Tahun ini, ditargetkan 12 juta merchant UMKM akan mengimplementasikan QRIS tersebut.

Di samping itu, BI juga akan mendorong konektivitas antara teknologi finansial (tekfin) dan perbankan melalui standardisasi open Application Programming Interface (API).

“Demikian juga bagaimana nanti bank digital ini bisa tersambung juga dengn BI Fast Payment, retail payment yang 24 jam real time tidak berhenti,” tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia digitalisasi
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top