Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Asuransi Sompo Bukukan Pertumbuhan Laba 17 Persen sepanjang 2020

Pertumbuhan kinerja Asuransi Sompo pada 2020 terutama ditopang oleh unit bisnis korporasi.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 31 Mei 2021  |  19:28 WIB
Asuransi Sompo - sompo.co.id
Asuransi Sompo - sompo.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – PT Sompo Insurance Indonesia (Asuransi Sompo) membukukan pertumbuhan laba pada 2020 atau di tengah masa pandemi Covid-19.

Berdasarkan laporan keuangan teraudit yang dirilis hari ini, Senin (31/5/2021), laba perusahaan sepanjang 2020 tercatat tumbuh sebesar 17 persen secara tahunan atau jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Rasio solvabilitas atau risk-based capital (RBC) Asuransi Sompo per Desember 2020 tercatat mencapai 211 persen (teraudit), jauh di atas angka 120 persen yang diwajibkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kinerja ini kemudian berlanjut meningkat hingga kuartal pertama tahun 2021.

Pertumbuhan kinerja pada 2020 terutama ditopang oleh unit bisnis korporasi yang telah kokoh berdiri selama 46 tahun di Indonesia.

Walaupun pendapatan premi bruto (gross written premium) pada 2020 turun secara tahunan, perseroan dapat mempertahankan kinerja melalui kenaikan pendapatan dari produk asuransi (underwriting result), pendapatan investasi, dan kontribusi produk syariah.

Pendapatan premi sepanjang 2020 turun karena dampak pandemi terhadap industri ritel dan ada kenaikan pembayaran klaim sebesar 3 persen yoy dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Berbagai terobosan yang diluncurkan sejak tahun lalu hingga awal tahun ini juga menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Eric Nemitz, CEO PT Sompo Insurance Indonesia, mengatakan salah satu produk asuransi dan layanan ritel unggulan perseroan adalah asuransi mobil yang sangat dipengaruhi oleh kondisi industri otomotif di Indonesia selama masa pandemi.

"Akan tetapi, kami bisa memperkokoh bisnis melalui unit bisnis dan diversifikasi portofolio produk lainnya, sembari memastikan nasabah bisa mendapatkan layanan secara mudah dan cepat. Tahun ini, kami melihat adanya perbaikan ekonomi yang tentunya banyak dipengaruhi oleh stimulus dari pemerintah serta relaksasi pajak," ujarnya melalui keterangan resmi, Senin (31/5/2021).

Dengan pengalaman selama 46 tahun di Indonesia dan lebih dari 130 tahun di Jepang, berbagai terobosan diluncurkan baru-baru ini untuk memperkokoh strategi bisnis, meningkatkan kualitas pelayanan serta memastikan calon nasabah bisa mendapatkan penawaran produk asuransi dengan harga yang kompetitif dan manfaat yang lebih banyak.

Berbagai terobosan yang diluncurkan Asuransi Sompo di antaranya aplikasi digital “Sompo Go!”, yang membantu mempercepat pelayanan agen pada nasabah dan layanan “Bengkel On The Spot” untuk penggantian suku cadang mobil langsung di tempat tanpa perlu ke bengkel.

Lalu, ada penggunaan WhatsApp serta video survey untuk pengalaman nasabah yang lebih nyaman, mudah dan cepat.

Asuransi Sompo menargetkan mampu tumbuh secara berkesinambungan pada 2021 dengan terus berinovasi demi kesejahteraan nasabahnya.

Selama kuartal pertama 2021, rasio solvabilitas perusahaan berhasil mencapai 237 persen (tidak teraudit) yang menunjukkan landasan finansial kokoh untuk dapat memenuhi kewajiban asuransinya pada nasabah.

Asuransi Sompo juga mencatat pertumbuhan premi bruto sebesar 19 persen (tidak teraudit) dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya.

Kinerja Asuransi Sompo yang kokoh pada 2021 ini juga didorong oleh kepercayaan dari nasabahnya pada layanan dan perlindungan terhadap berbagai risiko di bidang properti, kendaraan bermotor, pengiriman kargo, mekanikal, kesehatan, kecelakaan pribadi, perjalanan, kredit perdagangan, kewajiban bisnis, dan banyak lainnya.

Penawaran produk yang beragam ini, dikombinasikan dengan pelayanan yang cepat dan mudah, serta solusi komprehensif, memungkinkan Asuransi Sompo memenuhi kebutuhan pribadi dan bisnis nasabahnya di berbagai skala.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi laba bersih premi asuransi asuransi umum
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top