Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI Proyeksi Kredit Tumbuh 4 hingga 6 Persen pada Tahun Ini

Penyaluran kredit perbankan mulai tumbuh positif pada Juni 2021, tetapi pada kuartal III diprediksi menurun kembali karena adanya pembatasan aktivitas masyarakat.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 22 Juli 2021  |  15:38 WIB
Karyawan melintas di dekat logo Bank Indonesia di Jakarta, Senin (3/2 - 2020).
Karyawan melintas di dekat logo Bank Indonesia di Jakarta, Senin (3/2 - 2020).

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan kredit pada 2021 berada di kisaran 4-6 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Gubernur BI Perry Warijo memaparkan di tengah kondisi likuiditas yang tetap longgar dan penurunan suku bunga kredit baru, penyaluran kredit perbankan mulai tumbuh positif pada Juni 2021, meskipun belum kuat, yaitu sebesar 0,59 persen yoy.

Namun, pertumbuhan kredit pada kuartal III/2021 diperkirakan menurun karena adanya pembatasan mobilitas dan akan kembali meningkat pada kuartal IV/2021.

"Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan kredit pada 2021 menjadi 4-6 persen dan pertumbuhan DPK menjadi 6-8 persen," ujar Perry dalam dalam jumpa pers usai Rapat Dewan Gubernur (RDG) Kamis, (23/7/2021).

Perry pun mengatakan Bank Indonesia terus memperkuat sinergi kebijakan dengan komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) untuk implementasi lebih lanjut paket kebijakan terpadu KSSK.

"Dalam rangka menjaga stabilitas sistem keuangan dan meningkatkan kredit kepada dunia usaha pada sektor-sektor prioritas, termasuk UMKM," kata Perry.

Adapun, penyaluran kredit pada Juni 2021 membaik dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yang terkoreksi -1,28 persen yoy dan April 2021 yang sebesar -2,28 persen yoy.

Perbaikan itu didorong oleh mulai membaiknya permintaan kredit seiring dengan berlanjutnya pemulihan kerja dan aktivitas korporasi rumah tangga dan UMKM.

Sementara, dari sisi penawaran atau supply, Perry menyebutkan pertumbuhan kredit yang mulai positif tersebut didorong oleh melonggarnya index of lending standard di industri perbankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia perbankan kredit penyaluran kredit
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top