Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

CIMB Niaga Sebut KPR dan KKB Masih Tumbuh Sesuai Target Semester I/2021

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan perseroan masih mencatatkan pertumbuhan yang cukup baik untuk KPR dan KKB di semester I/2021.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 24 Juli 2021  |  11:43 WIB
CIMB Niaga Sebut KPR dan KKB Masih Tumbuh Sesuai Target Semester I/2021
Foto udara komplek perumahan di kawasan Gading Serpong, Kelapa Dua, Tangerang, Banten, Jumat (11/6/2021). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank CIMB Niaga Tbk. menyatakan kinerja kredit  pemilikan rumah (KPR) dan kredit kendaraan bermotor (KKB) tercatat tumbuh cukup baik pada semester I/2021. Meski begitu, perseroan tetap memonitor dampak kebijakan PPKM Darurat terhadap kinerja segmen tersebut di Juli 2021.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan perseroan masih mencatatkan pertumbuhan yang cukup baik untuk KPR dan KKB di semester I/2021. Dia menyebutkan pada Juni 2021, KPR tumbuh 7% yoy dan KKB melalui CIMB Niaga Finance (CNAF) tumbuh hampir 14% yoy.

Namun, lanjut dia, kebijakan PPKM Darurat diperkirakan akan berimbas pada penyaluran KPR dan KKB yang melambat. Saat ini pihaknya terus memonitor dampak PPKM Darurat terhadap penyaluran kredit konsumer perseroan.

"Di Juni 2021 masih cukup baik. Namun betul di Juli ini ada tantangan karena PPKM, sehingga kemungkinan bisa terpengaruh juga. Karena untuk KPR harus ada akad, dimana kantor notaris tutup. Dan untuk KKB dealers juga tutup," terangnya kepada Bisnis pada Jumat (23/7/2021).

Meski ada PPKM Darurat, sampai saat ini perseroan belum akan melakukan revisi terhadap target pertumbuhan KPR dan KKB. Di tahun ini, CIMB menargetkan KPR dan KKB dapat tumbuh masing-masing 6%-8% dan 10%.

"Sampai saat ini belum [revisi target]. Semoga PPKM tidak terlalu panjang," imbuhnya.

Adapun secara industri kinerja kredit KPR dan KKB mengalami perbaikan pada bulan ini. Berdasarkan data Bank Indonesia, kredit konsumsi pada Juni 2021 tumbuh 1,9% yoy. Angka tersebut membaik dari posisi Mei 2021 yang tumbuh 1,3% yoy. Hal itu disebabkan oleh perbaikan pada penyaluran kredit KPR dan kredit kendaraan bermotor.

KPR tumbuh 7,2% yoy pada Juni 2021, membaik dari posisi Mei 2021 yang tumbuh 6,2% yoy. Demikian pula, penurunan kredit kendaraan bermotor melandai dari -24,70% pada Mei 2021 menjadi -22,90% pada Juni 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit kpr cimb niaga
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top