Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumiyati, Anak Buah Menkeu Ditunjuk jadi Komisaris IFG. Ini Rekam Jejaknya

Pengangkatan Sumiyati ditetapkan Menteri BUMN Erick Thohir dalam Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-254/MBU/07/2021.
Logo Indonesia Financial Group (IFG)
Logo Indonesia Financial Group (IFG)

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengangkat Sumiyati sebagai Komisaris PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero), yang dikenal sebagai Indonesia Financial Group atau IFG.

Pengangkatan Sumiyati ditetapkan Erick dalam Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-254/MBU/07/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris Perusahaan PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) tanggal 30 Juli 2021.

Berdasarkan surat itu, Erick mengangkat Sumiyati yang menggantikan Meirijal Nur yang diberhentikan dengan hormat. Meirijal menjabat sebagai Komisaris IFG sejak 7 Januari 2019.

Sumiyati yang lahir di Sragen pada 1961 menempuh pendidikan Diploma IV Akutansi di Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN). Setelah memperoleh gelar pertama pada 1989, dia menempuh pendidikan S2 di Central Queensland University dan mendapatkan gelar Master of Financial Management pada 1994.

Dia mengawali karirnya di Badan Akuntansi Keuangan Negara Kementerian Keuangan pada 1982. Sumiyati tercatat pernah menjabat sebagai Kepala Subbidang Bimbingan Akuntansi Keuangan Pemerintah Daerah pada 2002, kemudian menjabat sebagai Kepala Seksi Pola dan Standar Teknis Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum pada 2007.

Pada 2010, dia mendapatkan promosi menjadi Kepala Bagian Akuntansi dan Pelaporan Keuangan sekaligus menjadi Plt. Kepala Biro Perencanaan Keuangan Sekretariat Jenderal. Pada Juni 2011 dia dipromosikan menjadi Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan, Sekretariat Jenderal.

Lalu, pada 6 Februari 2015 dia dipercaya menjabat sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan. Sejak 23 Januari 2017, Sumiyati dilantik sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan.

Setelah perombakan yang dilakukan Erick, susunan Komisaris IFG saat ini menjadi:

1. Komisaris Utama Merangkap Komisaris Independen: Fauzi Ichsan

2. Komisaris: Masyita Crystallin

3. Komisaris: Sumiyati

4. Komisaris: Nasrudin

5. Komisaris Independen: Hotbonar Sinaga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper