Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Mandiri Kenalkan Mandiri EDC Android, Ini Keunggulannya

Electronic Data Capture (EDC) Android meningkatkan kemudahan dan kenyamanan transaksi nasabah. EDC Android dapat terintegrasi dengan berbagai layanan lain dan menerima lebih banyak alternatif pembayaran.
Karyawan beraktivitas di depan logo Bank Mandiri di Jakarta, Selasa (22/1).Bisnis/Arief Hermawan
Karyawan beraktivitas di depan logo Bank Mandiri di Jakarta, Selasa (22/1).Bisnis/Arief Hermawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. fokus memperkuat positioning sebagai modern digital banking melalui konsistensi dalam melakukan transformasi layanan.

Kali ini, Bank Mandiri mengenalkan mesin Electronic Data Capture (EDC) Android yang akan meningkatkan kemudahan dan kenyamanan transaksi nasabah.

Pasalnya, EDC Android ini dapat terintegrasi dengan berbagai layanan lain seperti system POS (point of sales), aplikasi merchant, dan juga platform promosi dan loyalty. Selain itu, EDC Android juga dapat menerima lebih banyak alternatif pembayaran menggunakan QR Payment, nirsentuh dan wearables.

Inisiatif tersebut merupakan wujud kolaborasi Bank Mandiri dengan Yokke (PT Mitra Transaksi Indonesia), dalam penyediaan layanan keuangan digital termodern.

Pada tahap awal, Bank Mandiri telah bekerjasama dengan Sogo Indonesia untuk menempatkan Mandiri EDC Android di sejumlah merchant guna mempermudah proses pembayaran pelanggan dan nasabah dalam berbelanja.

Kerjasama ini ditandai melalui seremoni peluncuran Mandiri EDC Android bersama dengan Sogo Indonesia di Jakarta, Selasa (24/8).

Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto mengatakan kehadiran Mandiri EDC Android tersebut akan menambah kemudahan layanan keuangan dan transaksi yang ditawarkan Bank Mandiri, mulai dari kapasitas jumlah transaksi yang jauh lebih masif hingga pemantauan penggunaan EDC mobile dengan teknologi real time EDC positioning system.

“Untuk merealisasikan visi Bank Mandiri menjadi partner finansial utama pilihan nasabah, kami terus beradaptasi dan mengadopsi perkembangan terkini terkait alat pembayaran digital agar dapat memberikan nilai tambah yang optimal kepada nasabah dan mitra merchant," kata Aquarius dalam keterangan resmi pada Selasa (24/8/2021).

Lebih lanjut, dia menambahkan kehadiran teknologi EDC Android ini diharapkan dapat memberikan pengalaman transaksi baru bagi mitra dan merchant, seperti kehadiran laporan yang komprehensif untuk memudahkan analisa bisnis secara akurat.

Pihaknya berharap kehadiran Mandiri EDC Android dapat memberikan nilai tambah tidak hanya untuk mitra Bank Mandiri, tetapi kepada masyarakat dalam kemudahan layanan transaksi. Mandiri EDC Android ini merupakan bentuk inovasi digital Bank Mandiri dalam memenuhi kebutuhan transaksi nasabah.

"Langkah ini merupakan inisiatif Bank Mandiri untuk menjadi salah satu Modern Digital Retail Bank dengan layanan yang adaptif terhadap kebiasaan baru nasabah," ujar Aquarius.

Direktur Utama Yokke Niniek Rahardja menambahkan Mandiri EDC Android merupakan solusi Yokke sebagai payment dan technology enabler yang selalu hadir memberikan solusi yang tepat dan inovatif bagi merchants, bank partners, fintech & customers.

“Tujuan utama kami adalah menghadirkan pengalaman bertransaksi yang aman, nyaman, mudah dan cepat bagi semua stakeholders dalam ekosistem pembayaran di Indonesia,” pungkas Niniek.

"Bekerja sama dengan Bank Mandiri, kami ingin memberikan pengalaman berbelanja yang semakin menyenangkan dengan memberikan beragam privilege dan keuntungan bagi para pemilik kartu Mandiri serta para pelanggan setia SOGO," ujar Handaka Santosa sebagai Managing Director SOGO Department Store Indonesia.

Hingga Juli 2021 terdapat lebih dari 150.000 merchant kerja sama, dengan jumlah EDC di kisaran 218.000 unit. Dari jumlah tersebut, Bank Mandiri mencatatkan volume penjualan sebesar Rp62 triliun pada posisi Juli 2021, dengan peningkatan sebesar 13 persen dibandingkan tahun sebelumnya (year on year/yoy). Di samping itu, Mandiri EDC mencatatkan transaksi sebanyak 104 juta pada posisi Juli 2021 atau meningkat sebesar 12 persen yoy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper