Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Akulaku Finance Dapat Pendanaan dari Amar Bank

Ekosistem Akulaku Finance dinilai sesuai sebagai salah satu bentuk perluasan ekosistem digital Amar Bank selain melalui Tunaiku, untuk membuka akses pembiayaan lebih luas ke masyarakat umum.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 07 September 2021  |  15:00 WIB
Logo Akulaku - akulaku.com
Logo Akulaku - akulaku.com

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan pembiayaan berbasis digital PT Akulaku Finance Indonesia dan PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) menyepakati perjanjian kredit dengan skema executing.

Presiden Direktur Akulaku Finance Indonesia Efrinal Sinaga mengungkap bahwa sinergi ini merupakan komitmen kedua perusahaan yang memiliki visi bahwa teknologi harus meningkatkan kehidupan masyarakat.

Dengan adanya fasilitas kredit tersebut, Akulaku Finance dapat memanfaatkan kapasitas tambahan kredit sebagai tambahan amunisi untuk memacu pertumbuhan penyaluran kredit di sepanjang tahun ini.

Efrinal menambahkan bahwa perjanjian kredit dengan skema executing dengan Amar Bank merupakan bentuk nyata dari terus berkembangnya kolaborasi antara platform pembiayaan berbasis digital dengan industri perbankan.

"Kolaborasi ini akan memberikan dampak yang sangat positif bagi perusahaan pembiayaan digital dan perbankan dalam meningkatkan akses pembiayaan berbasis digital kepada masyarakat," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (7/9/2021).

Kerja sama dengan Amar Bank turut membuktikan meningkatnya dukungan berbagai mitra perbankan terhadap visi Akulaku Finance sebagai perusahaan pembiayaan berbasis digital terdepan di Indonesia. Selain itu, pada era pandemi ini perseroan terbukti tetap mampu tumbuh positif melebih pertumbuhan rata-rata industri.

Akulaku Finance menyalurkan pembiayaan senilai lebih dari Rp4,9 triliun dengan tingkat NPF (nett) sebesar 0,6 persen di sepanjang semester pertama 2021, dan memproyeksikan dapat menyalurkan pembiayaan senilai Rp7 triliun di sepanjang tahun 2021.

"Beberapa faktor yang mendukung pertumbuhan ini, yaitu adanya perubahan lifestyle masyarakat yang mendukung aspek contactless, paperless, dan cashless. Pertumbuhan transaksi e-commerce yang sangat signifikan juga turut meningkatkan derived demands credit sales," tambahnya.

Namun demikian, Efrinal meyakinkan bahwa pertumbuhan ini juga dilakukan dengan prudensial di mana Akulaku Finance selalu mengimplementasikan akuisisi, scoring, dan mitigasi manajemen risiko yang baik untuk dapat menjaga kualitas penyaluran pembiayaan yang saat ini masih dalam tingkat yang sehat.

Adapun, Business Banking Function Head PT Bank Amar Indonesia Tbk. Agus Priambodo di Jakarta sebagai perwakilan yang meresmikan kerja sama ini, menyebut ekosistem Akulaku Finance sesuai sebagai salah satu bentuk perluasan ekosistem digital Amar Bank selain melalui Tunaiku, untuk membuka akses lebih luas ke masyarakat umum.

"Berbekal teknologi dan luasnya jangkauan konsumen Akulaku Finance, kami percaya bahwa kolaborasi ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat luas terutama di segmen unbanked dan underserved. Kami ingin lebih banyak lagi pemain baik bank maupun fintech yang melayani segmen tersebut dan bersama mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya, Akulaku Finance juga memperoleh fasilitas pendanaan dari PermataBank pada awal September ini. Pendanaan tersebut digunakan untuk meningkatkan pelayanan konsumen dan inklusi keuangan di Indonesia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembiayaan perbankan kredit Bank Amar Akulaku
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top