Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Sumut Sabet Bintang 5 Top BUMN Penghargaan Top BUMD Awards 2021 

TOP BUMD Awards adalah kegiatan pembelajaran dan pemberian penghargaan BUMD yang tertinggi di Indonesia.
Ajang penghargaan TOP BUMD Awards 2021 yang diselenggarakan di Hotel Raffles, Jakarta pada Jumat (10/9/2021)/Istimewa
Ajang penghargaan TOP BUMD Awards 2021 yang diselenggarakan di Hotel Raffles, Jakarta pada Jumat (10/9/2021)/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Sumut kembali meraih penghargaan pada ajang penghargaan TOP BUMD Awards 2021 yang diberikan oleh majalah Top Business bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Lembaga Kajian Nawacita (LKN), serta beberapa lembaga Tim Penilai.

Acara tersebut bertempat di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta pada Jumat (10/9/2021). Pada ajang tersebut Bank Sumut meraih Penghargaan Bintang 5 TOP BUMD Awards 2021, TOP CEO BUMD 2021 yang diraih (alm) Muchammad Budi Utomo, Direktur Utama PT Bank Sumut, untuk penilaian pada Tahun 2020 serta TOP Pembina BUMD yang kepada Gubernur Sumatra Utara.

Hadir pada pelaksanaan acara tersebut, mewakili Gubernur Sumatra Utara, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Arief Sudarto Tri Nugroho, Komisaris Bank Sumut Syaiful Azhar, Direktur Pemasaran Hadi Sucipto, Corporate Secretary Syahdan Ridwan Siregar Pemimpin Cabang Jakarta Bank Sumut Agus Condro Wibowo dan Pemimpin Cabang Melawai Tresia Gati.

M. Lutfi Handayani, Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2021, yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Top Business, memaparkan bahwa TOP BUMD Awards adalah kegiatan pembelajaran dan pemberian penghargaan BUMD yang tertinggi di Indonesia, yang diberikan kepada BUMD-BUMD terbaik, yang dinilai dari aspek berkinerja baik, banyak melakukan improvement/inovasi perbaikan, dan telah berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, serta memiliki strategi dan inovasi di masa Pandemi Covid-19 agar bisnis tetap tumbuh berkelanjutan. 

“TOP BUMD Awards 2021 ini, diikuti oleh 182 BUMD dari total sekitar 1.149 BUMD di Indonesia. Atau meningkat 12 persen dibandingkan dengan 2020 yang sebanyak 163 BUMD. Dari jumlah tersebut, sebanyak 172 BUMD yang mengikuti proses penilaian secara lengkap, termasuk wawancara penjurian, atau meningkat sebesar 44 persen dari 2020,” ujar Lutfi dalam keterangan resmi, Senin (13/9/2021).

Menteri BUMN RI Erick Thohir yang hadir secara vitual melalui video conference, menegaskan pentingnya sinergi BUMN dan BUMD, dalam sambutannya yang mewakili Wakil Presiden RI. Sinergi BUMN dan BUMD, perlu dikedepankan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. 

“Sinergi antara BUMN dan BUMD yang punya kesamaan visi, perlu. Sinergi dan transformasi itu bagus untuk kepentingan rakyat,” kata Erick. 

Selain itu Erick mengatakan bahwa setelah terdampak Covid-19 kini ekonomi Indonesia dalam tahap pemulihan, ada 10 propinsi yang sudah mencatat pertumbuhan positif.

“Usaha dan inisiatif dari pusat, tak cukup. Perlu keterlibatan pemda yang tentu lebih paham karakteristik daerahnya. Dan dalam hal itu, peran BUMD penting untuk jadi mitra serta menaikkan aktivitas usaha di daerah,Dengan hal itu, kata Erick, maka roda ekonomi daerah bisa pulih lebih cepat,” ujarnya lagi.

Mewakili manajemen, Corporate Secretary Bank Sumut Syahdan Ridwan Siregar menjelaskan penghargaan TOP BUMD Award merupakan spirit dan motivasi bagi Bank Sumut untuk lebih meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik khususnya kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat Sumut. 

Terlebih Syahdan menjelaskan Bank Sumut baru saja menggelar RUPS LB untuk pemilihan Direktur Utama, menggantikan Muchammad Budi Utomo yang telah meninggal dunia. Direktur Utama baru Bank Sumut berkomitmen untuk meningkatkan digitalisasi pada produk dan layanan agar mensejajarkan diri dengan bank-bank BUMN atau swasta besar lainnya. 

Selain itu untuk lebih meningkatkan profesionalisme dan tata kelola perusahaan, Bank Sumut telah memperoleh restu pemegang saham untuk melakukan penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) pada 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper