Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BBRI RUPSLB Bahas Pengganti Ari Kuncoro sebagai Komisaris. Siapa?

BRI akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Kamis, 7 Oktober 2021 dengan salah satu agendanya adalah perubahan pengurus perseroan.
Salah satu kantor Bank BRI/bri.co.id
Salah satu kantor Bank BRI/bri.co.id

Bisnis.com, JAKARTA- PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI) akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Kamis, 7 Oktober 2021.

Berdasarkan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia pada Rabu (15/9/2021), terdapat dua mata acara yang akan dibahas dalam rapat tersebut. 

Agenda pertama adalah pengukuhan Pemberlakuan Peraturan Menteri BUMN RI Nomor PER-05/MBU/04/2021 tanggal 8 April 2021. Hal ini terkait dengan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha Milik Negara.

Agenda kedua yakni perubahan susunan pengurus perseroan. Rapat tersebut akan membahas pengunduran diri Ari Kuncoro dari jabatannya sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen perseroan.

Dalam penjelasan mata acara rapat, direksi menyampaikan Kementerian BUMN telah menerima surat pengunduran diri Ari Kuncoro dari jabatannya sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen perseroan per tanggal 21 Juli 2021.

Sesuai POJK yang ada, pengunduran diri tersebut harus diputus melalui RUPS. Selanjutnya, Anggaran Dasar Perseroan akan menjelaskan Direksi dan Dewan Komisaris diangkat dan diberhentikan oleh RUPS yang dihadiri, serta dengan calon yang diajukan oleh Pemegang Saham Seri A Dwiwarna.

Seperti diketahui, nama Ari Kuncoro belum lama ini menjadi pembahasan karena mengemban jabatan sebagai Rektor UI dan Wakil Komisaris Utama BRI. 

Berdasarkan PP Nomor 68/2013 tentang Statuta Universitas Indonesia, rektor dan wakil rektor dilarang merangkap sebagai pejabat pada badan usaha milik negara/daerah maupun swasta.

Aturan tersebut kemudian direvisi menjadi PP Nomor 75 Tahun 2021 Tentang Statuta Universitas Indonesia. Dalam beleid baru, Rektor hanya dilarang mengemban dual jabatan sebagai direksi perusahaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Azizah Nur Alfi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper