Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Kesalahan Finansial yang Harus Anda Hindari

Pahami kapan investasi Anda harus tumbuh dan seberapa besar risiko yang dapat Anda toleransi.
Tips investasi/istimewa
Tips investasi/istimewa

Cara Mengatur Keuangan

  1. Menggunakan ekuitas rumah seperti celengan

Membiayai kembali dan mengambil uang tunai Anda berarti memberikan kepemilikan kepada orang lain. Dalam beberapa kasus, pembiayaan kembali mungkin masuk akal jika Anda dapat menurunkan suku bunga Anda atau jika Anda dapat membiayai kembali dan melunasi utang dengan bunga yang lebih tinggi.

  1. Hidup dari gaji ke gaji

Banyak perencana keuangan menyarankan untuk menyimpan pengeluaran selama tiga bulan di rekening yang dapat Anda akses dengan cepat. Kehilangan pekerjaan atau perubahan ekonomi dapat menguras tabungan dan menempatkan Anda dalam siklus utang yang membayar utang.

  1. Tidak berinvestasi di masa pensiun

Manfaatkan rekening pensiun yang ditangguhkan pajak atau yang disponsori perusahaan Anda. Pahami kapan investasi Anda harus tumbuh dan seberapa besar risiko yang dapat Anda toleransi. Konsultasikan dengan penasihat keuangan yang memenuhi syarat untuk mencocokkan ini dengan tujuan Anda jika memungkinkan.

  1. Melunasi utang dengan tabungan

Ketika utang dilunasi, urgensi untuk membayarnya kembali biasanya hilang. Anda bisa tergoda untuk terus membelanjakan uang dengan kecepatan yang sama, yang berarti Anda bisa kembali berutang. Jika Anda akan melunasi utang dengan tabungan, Anda harus hidup seolah-olah Anda masih memiliki utang yang harus dibayar.

  1. Tidak memiliki rencana

Masa depan keuangan Anda tergantung pada apa yang sedang terjadi saat ini. Orang-orang menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton televisi atau menelusuri konten media sosial, tetapi menyisihkan dua jam seminggu untuk keuangan tidak mungkin. Anda perlu tahu ke mana Anda akan melangkah dan melakukan apa. Jadikan waktu untuk merencanakan keuangan Anda sebagai prioritas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper