Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OttoPay Hadirkan Dua Layanan Dukung Digitalisasi UMKM. Apa Saja?

Ottopay mendukung laju UMKM dari sisi memudahkan pencatatan transaksi dan penyediaan stok barang lewat peluncuran OttoKasir dan OttoGrosir. 
Pekerja membuat tas berbahan kain di tempat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Madiun, Jawa Timur, Sabtu (31/7/2021). Perajin UMKM tersebut tetap bertahan untuk berproduksi meskipun saat PPKM permintaan turun dari sebelum pandemi 20.000 buah per bulan menjadi 2.000 buah per bulan dengan harga Rp9 ribu hingga Rp18 ribu per buah. ANTARA FOTO/Siswowidodo
Pekerja membuat tas berbahan kain di tempat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Madiun, Jawa Timur, Sabtu (31/7/2021). Perajin UMKM tersebut tetap bertahan untuk berproduksi meskipun saat PPKM permintaan turun dari sebelum pandemi 20.000 buah per bulan menjadi 2.000 buah per bulan dengan harga Rp9 ribu hingga Rp18 ribu per buah. ANTARA FOTO/Siswowidodo

Bisnis.com, JAKARTA - OttoPay, aplikasi digitalisasi dagang besutan PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, berupaya mendukung laju UMKM dari sisi memudahkan pencatatan transaksi dan penyediaan stok barang lewat peluncuran OttoKasir dan OttoGrosir. 

Senior Product Manager PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, Muhammad Alfi Nurcahyo mengungkap bahwa masih banyak pegiat UMKM yang kerap menghadapi berbagai tantangan untuk melaju di era digitalisasi. 

Mulai dari pencatatan transaksi yang masih berantakan sehingga mengurangi omzet, bingung berapa untung yang didapat, lupa memperbarui stok barang, sampai kesulitan akses untuk memperoleh barang dari distributor secara efisien. 

Oleh sebab itu, dengan pengalaman mencatat total transaksi QRIS hingga 60 persen dan memberdayakan ribuan mitra UMKM yang memanfaatkan penyediaan barang selama pandemi, OttoPay berupaya memaksimalkan kesiapan digitalisasi UMKM lewat dua layanan tersebut. 

OttoKasir berguna untuk mempermudah pencatatan transaksi digital serta pengelolaan stok barang mitra, sementara OttoGrosir yang akan memperkuat dan melengkapi penyediaan barang bagi mitra. 

"Dari hasil implementasi kerja sama bisnis keseluruhan yang sudah berjalan, kami bermitra dengan ratusan ribu UMKM yang sudah mengoptimalkan layanan OttoPay, di antaranya melalui layanan OttoKasir dan OttoGrosir. Kami berharap hadirnya kedua layanan yang saling terintegrasi ini dapat menjangkau mitra UMKM lebih luas lagi dan membantu mereka untuk lebih berdaya," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (23/9/2021).

Hal ini sejalan dengan hasil riset Alpha JWC Ventures dan Kearney berjudul Unlocking Next Wave of Digital Growth: Beyond Metropolitan Indonesia yang menyatakan bahwa dalam lima tahun ke depan, penggunaan layanan digital di kota kedua dan ketiga akan mendongkrak sektor UMKM.

Salah satunya, melalui pembayaran digital. Sehingga klaster ini nantinya diproyeksi berperan besar dalam menopang pertumbuhan ekonomi digital dari UMKM

"Sebagai penyedia layanan transaksi digital bagi UMKM, OttoPay optimis dengan kemampuan mitra UMKM dalam beradaptasi dan terbiasa menggunakan layanan digital, sehingga dapat memaksimalkan sektor UMKM secara menyeluruh dan turut berperan serta dalam mendongkrak persiapan digitalisasi UMKM," tambahnya. 

Selama periode Oktober 2020 – Agustus 2021, 60 persen transaksi yang tercatat dalam aplikasi OttoKasir berasal dari QRIS, serta mitra-mitra yang sudah menggunakan OttoKasir lebih terbantu dalam operasional usaha, sehingga dari segi pencatatan transaksi digital dan operasional, persentase tersebut memantapkan posisi OttoPay dalam mendukung persiapan UMKM untuk go digital. 

Di sisi lain, OttoPay memahami bahwa penyediaan barang yang efisien berperan penting dalam digitalisasi UMKM, terutama dalam hal kemudahan akses distribusi ke warung dan toko-toko kelontong. Maka OttoPay menghadirkan OttoGrosir yang ada di kantor cabang OttoPay yang mewadahi kebutuhan setiap mitra melalui penyediaan barang-barang sembako atau bahan baku. 

Hingga saat ini, kantor cabang OttoGrosir telah melayani sekitar 2.000 mitra OttoPay di 12 wilayah, yaitu Jakarta, Bekasi, Bogor, Sukabumi, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Medan, dan Palembang. 

"Ke depan, OttoGrosir juga berencana memperluas jangkauan ke daerah lainnya dan menjalin kerja sama dengan para pemasok utama barang yang dibutuhkan oleh mitra-mitra OttoPay," ungkapnya. 

OttoKasir juga menjangkau OttoGrosir agar transaksi pengiriman barang ke toko atau warung mitra juga termasuk dalam pencatatan melalui fitur kelola produk untuk memeriksa stok barang yang nantinya akan dipesan ke OttoGrosir. 

Dalam fitur OttoGrosir yang terintegrasi dengan aplikasi OttoKasir, mitra dapat melakukan penyusunan daftar produk atau dagangan yang dijual pada lapak OttoGrosir, sehingga mitra OttoGrosir dapat melakukan pencatatan terkait dengan stok barang dagangan dan transaksi menggunakan aplikasi OttoKasir.

"OttoKasir dan OttoGrosir hadir untuk bersanding dan bersinergi dengan fitur produk-produk OttoPay lainnya dalam membangun ekosistem yang berkelanjutan, serta saling memperkuat dan melengkapi kebutuhan para Mitra OttoPay," jelas Alfi. 

Dalam penerapannya, penyelenggara penunjang sistem pembayaran dan Merchant Aggregator resmi berizin Bank Indonesia (BI) ini akan terus mengevaluasi kedua sistem agar semakin efisien, solid, komprehensif, dan berkesinambungan mendukung digitalisasi UMKM di berbagai wilayah di Indonesia sehingga memberikan bukti nyata dalam mendukung laju peningkatan ekonomi digital secara nasional. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper