Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembiayaan Berkelanjutan Bank BRI (BBRI) Capai Rp588,6 Triliun

BRI mencatat pembiayaan berkelanjutan sebesar Rp588,6 triliun disalurkan pada UMKM, kegiatan bisnis berbasis energi baru terbarukan, clean transportation, green building dan lain-lain.
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) Sunarso/Istimewa
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) Sunarso/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) berkomitmen menerapkan praktik keuangan yang berkelanjutan.

Komitmen BRI dalam penerapan keuangan berkelanjutan tercermin dari kinerja perseroan. Hingga akhir kuartal II/2021, sebanyak 64,5 persen dari total kredit atau Rp588,6 triliun merupakan portofolio berkelanjutan yang disalurkan pada UMKM, kegiatan bisnis berbasis energi baru terbarukan, clean transportation, green building dan lain-lain.

Pada sisi liabilitas, perseroan telah menerbitkan Sustainability Bond pada 2019. Dana yang mencapai US$500 juta tersebut digunakan untuk kegiatan berwawasan Environment, Social, and Governance (ESG).

“BRI konsisten dalam menerapkan komitmen untuk memperkuat implementasi ESG, sehingga mampu memberikan value berkelanjutan kepada seluruh stakeholders,” ujar Direktur Utama Bank BRI Sunarso, dalam konferensi pers, Kamis (7/10/2021).

Sementara itu, dari sisi operasional, BRI telah mengembangkan berbagai inisiatif digital dalam business process reengineering dengan harapan mampu mendukung pelestarian lingkungan melalui pengurangan penggunaan kertas dan emisi karbon.

Inisiatif digital dimaksud antara lain berbentuk BRISPOT (digital loan underwriting app), BRImo (mobile internet banking), BRISTARS (digital office), BRISMART (digital e-learning system), serta end-to-end digital loan apps seperti Pinang dan Ceria.

Dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB), perseroan juga pengesahan pemberlakuan Peraturan Menteri BUMN RI Nomor PER-05/MBU/04/2021 tanggal 8 April 2021 tentang Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha Milik Negara.

Sunarso mengungkapkan bahwa penetapan ini merupakan upaya perseroan untuk terus menerapkan praktik keuangan yang berkelanjutan.

Dia menambahkan fokus program tanggung jawab sosial dan lingkungan BUMN (Program TJSL BUMN) berupa kegiatan yang memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola dengan prinsip yang terintegrasi, terarah, dan terukur.

“Saat ini perseroan menerapkan program ini melalui pembiayaan kepada pelaku usaha mikro & kecil yang dikenal sebagai Program Pinjaman Kemitraan serta bantuan lainnya yang disalurkan dalam Program TJSL BRI Peduli,” tutur Sunarso.

Dia menyatakan penerapan Permen TJSL sejalan dengan aktivitas perseroan. Di antaranya konsep Triple Bottom Line, yaitu Pro People, Pro Planet dan Pro Profit yang mendasari program perseron selama ini serta strategi ESG dalam setiap kegiatan bisnis dan investasi.

BRI juga memiliki Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) dalam rangka memastikan keberlangsungan kinerja perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper