Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak! Syarat dan Cara Mengajukan KUR Bank Mandiri

Berikut syarat, ketentuan umum, dan cara untuk mengajukan kredit usaha rakyat (KUR) di Bank Mandiri.
Dinda Aulia Ramadhanty
Dinda Aulia Ramadhanty - Bisnis.com 14 Oktober 2021  |  16:46 WIB
Karyawati menghitung uang pecahan uang Rp100.000 di salah satu kantor cabang milik PT Bank Mandiri Tbk di Jakarta, Rabu (12/6/2019). Bisnis - Nurul Hidayat
Karyawati menghitung uang pecahan uang Rp100.000 di salah satu kantor cabang milik PT Bank Mandiri Tbk di Jakarta, Rabu (12/6/2019). Bisnis - Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. telah menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp114,58 triliun hingga akhir Agustus 2021. Simak syarat dan cara untuk mengajukan KUR di Bank Mandiri.

KUR merupakan kredit/pembiayaan yang diberikan oleh perbankan kepada UMKM yang layak namun belum bankable. Hadirnya KUR diharapkan dapat memicu peningkatan kapasitas daya saing UMKM, mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, serta menanggulangi kemiskinan.

Senior Executive Vice President (SEVP) Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Josephus K. Triprakoso mengungkapkan realisasi KUR Bank Mandiri tumbuh 18,52 persen year-on-year (yoy) dari periode yang sama tahun lalu.

“Dari nilai tersebut, penyaluran pembiayaan yang dilakukan secara online telah mencapai Rp22,9 miliar dan telah diberikan kepada seller online mitra e-commerce,” kata Joseph seperti dikutip dari Bisnis.com, Kamis (14/10/2021).

Periode KUR Mandiri yang dikutip pada situs resmi bankmandiri.co.id, dimulai pada 1 Januari 2021 hingga 31 Desember 2021, atau sampai pemberitahuan selanjutnya.

Berikut syarat, ketentuan umum, dan cara untuk mengajukan KUR di Bank Mandiri seperti dikutip dari situs resmi Bank Mandiri. 

Ketentuan Umum

1. Calon Debitur berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah, usia calon Debitur Penempatan TKI dimungkinkan berusia minimal 18 tahun, namun harus menyerahkan surat pernyataan calon debitur dan surat ijin dari orang tua/wali untuk bekerja di luar negeri

2. Sedangkan kriteria untuk Pelaku Usaha yang dapat menerima fasilitas KUR yaitu memiliki usaha produktif yang layak adalah sebagai berikut:

- Calon Debitur dapat sedang menerima kredit/pembiayaan yaitu KUR pada penyalur yang sama, Kredit Kepemilikan Rumah, Kredit/Leasing Kendaran Bermotor, Kartu Kredit, Kredit dengan Jaminan Surat Keputusan Pensiun, dan Resi Gudang dengan kolektibilitas Lancar

- Calon Debitur masih memiliki baki debet kredit/pembiayaan produktif dan kredit/pembiayaan program di luar KUR, diperlukan surat keterangan lunas/roya dengan lampiran cetakan rekening dari pemberi kredit/pembiayaan sebelumnya

Jika pendaftar calon debitur telah memenuhi kententuan umum diatas, untuk mengajukan permohonan KUR diperlukan melengkapi beberapa persyaratan dokumen termasuk:

Syarat Pengajuan KUR 

1. Aplikasi Permohonan Kredit
2. Fotocopy E-KTP, Kartu Keluarga (KK), Surat Nikah/ cerai (bagi yang sudah menikah/cerai)
3. Pas foto terbaru calon debitur dan pasangan
4. Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK)/ Surat keterangan domisili usaha/ Surat keterangan usaha lainnya
5. NPWP (apabila limit kredit >Rp 50 Juta)

Sebagai informasi, suku bunga untuk seluruh jenis produk baik KUR Super Mikro, KUR Mikro, dan KUR Kecil memiliki nominal yang sama yaitu 6 persen (All Limit, All Tenor).

Selanjutnya, nominal limit kredit pada masing-masing jenis produk. Pada KUR Super Mikro tidak memiliki minimal kredit namun maksimal kredit berjumlah Rp10 juta, sedangkan KUR Mikro minimal kredit harus bernominal diatas Rp10 juta dengan maksimum kredit sebesar Rp50 juta.

Jenis produk yang terakhir yaitu KUR Kecil memiliki minimal kredit harus lebih dari Rp50 juta dengan limit maksimal Rp500 juta. Anda dapat meminta informasi lebih detail dan mengajukan KUR ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm bank mandiri kur
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top