Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dorong Produk UKM Go Global, BNI (BBNI) Luncurkan BNI Xpora

Program BNI Xpora memberikan layanan terintegrasi dan pendampingan kepada UKM menjadi lebih produktif, meningkatkan literasi, inklusi, dan kapabilitas digital, serta mampu mengembangkan usahanya hingga menembus pasar global.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 21 Oktober 2021  |  23:01 WIB
Gedung BNI - Istimewa
Gedung BNI - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Upaya mendorong ekspor oleh usaha kecil dan menengah terus dilakukan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) melalui program BNI Xpora. 

BNI Xpora resmi diluncurkan bersamaan dengan acara Opening Ceremony Trade Expo Indonesia (TEI) 2021, di Jakarta, Kamis (21/10/2021). Acara ini dihadiri Presiden Joko Widodo, Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi, serta jajaran menteri lainnya.

Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati menyatakan Xpora merupakan bentuk dukungan BNI terhadap pelaku usaha nasional, khususnya UMKM untuk mengembangkan usahanya ke kancah global. Layanan ini juga dapat diakses melalui digital platform.

Melalui BNI Xpora, BNI memberikan layanan terintegrasi dan pendampingan kepada UKM menjadi lebih produktif, meningkatkan literasi, inklusi, dan kapabilitas digital, serta mampu mengembangkan usahanya hingga menembus pasar global.

"BNI Xpora juga kami canangkan menjadi orkestrator ekosistem bisnis nasional yang mampu memfasilitasi UKM dan diaspora Indonesia sebagai buyer dan seller, serta menyiapkan enablers bagi transaksi ekspor-impor lainnya, melalui kolaborasi dengan seluruh stakeholders dan partner strategis,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Peran penting dalam mendorong ekspor dan memperkuat fungsi BNI Xpora adalah dengan ketersediaan kantor cabang BNI di enam pusat keuangan dunia, yaitu Singapura, Hong Kong, Seoul, Tokyo, London, dan New York.

Adi Sulistyowati atau akrab disapa Susi ini mengatakan BNI juga menyertakan platform digital terintegrasi, serta akses pasar global dengan memanfaatkan jaringan BNI di kantor cabang luar negeri untuk business matchmaking, serta kolaborasi dengan lembaga terkait.

BNI Xpora saat ini telah memberikan layanan di tujuh kota, yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Denpasar, dan Makassar. Selain itu, BNI Xpora juga dapat diakses oleh pelaku UKM di seluruh Indonesia dan diaspora melalui Digital Platform BNI Xpora.

Di sisi lain, BNI juga mendukung perluasan akses ekspor tanaman hias melalui kegiatan Workshop Akselerasi Ekspor Tanaman Hias yang dilaksanakan di Kabupaten Bogor.

Workshop tersebut bertujuan memberikan solusi bagi para UKM untuk dapat memperluas akses pasarnya sekaligus solusi atas kebutuhan permodalan dan layanan perbankan lain untuk mendukung usaha ekspor tersebut.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bni umkm permodalan
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top