AIAPedia: Belajar Penanganan Penyakit Kritis dari Hospital Playlist

Sebesar 60 persen kematian disebabkan oleh penyakit kritis di mana stroke dan jantung menjadi yang teratas.
Foto: dok. AIA
Foto: dok. AIA

Bisnis.com, JAKARTA - Drama Korea, Hospital Playlist menjadi salah satu serial drama favorit dan memberikan banyak pembelajaran khususnya terkait penyakit kritis. Hospital Playlist menceritakan kehidupan para dokter yang sering berurusan kasus medis di rumah sakit.

Di Tanah Air, 60 persen kematian disebabkan oleh penyakit kritis di mana stroke dan jantung menjadi yang teratas. Hal ini juga diamini Data Riskesdas 2018 yang menyebutkan adanya peningkatan jumlah kasus Penyakit Tidak Menular (PTM).

PTM itu antara lain kanker, stroke, diabetes mellitus, dan hipertensi pada kelompok usia remaja dan dewasa muda yang muncul dalam rentang usia 15-24 tahun dan terus meningkat hingga kelompok usia 35-44 tahun.

Setali tiga uang, survei WHO pada 2020 menyebutkan tiga perempat kematian di negara berkembang disebabkan oleh penyakit kritis, dengan rincian penyakit jantung 70 persen, stroke 75 persen dan diabetes 70 persen.

Ancaman penyakit kritis itu menjadi pembelajaran pentingnya hidup sehat dan memiliki proteksi asuransi untuk mengantisipasi biaya penyakit kritis. Seperti cerita Hospital Playlist yang penuh peristiwa mengharukan di rumah sakit, penanganan penyakit kritis tidak hanya melibatkan tenaga medis.

Lebih dari itu, banyak kisah keluarga dibalik proses medis yang dilakukan di rumah sakit. Kisah Drama Korea itu bisa dijadikan referensi bagaimana penyakit kritis harus menjadi perhatian bersama, apalagi kasusnya terbilang tinggi di Indonesia.

AIAPedia: Belajar Penanganan Penyakit Kritis dari Hospital Playlist

Foto: dok. AIA

Survei Kantar, bahkan menyatakan bahwa ada 6 dari 10 orang Indonesia yang mengaku khawatir tidak mampu membayar tagihan rumah sakit jika mereka tertimpa penyakit kritis. Perlu diketahui, sedikitnya terdapat 39 kategori penyakit kritis yang masuk dalam proteksi asuransi kesehatan.

Acap kali, pemegang polis bahkan tidak mengetahui secara lengkap benefit produk asuransinya. Akibatnya, saat terserang penyakit yang tidak terkover asuransi, tabungan yang terpaksa digunakan untuk menutup biaya.

Proteksi asuransi kesehatan untuk penyakit kritis memiliki sejumlah kelebihan yang membuat tabungan tidak terganggu. Asuransi penyakit kritis memberikan pembayaran sekaligus saat didiagnosis penyakit kritis, cacat total tetap atau kematian, bisa memanfaatkan benefit lump sum hingga premi tetap sama sepanjang masa pembayaran asuransi.

Seperti halnya penyelesaian konflik yang dikemas hangat dan menyentuh dalam drama Hospital Playlist, kehadiran asuransi diharapkan dapat membantu nasabah tetap tenang saat menghadapi situasi medis yang tidak diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper