Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 10 Bank Terbesar di Dunia

Bank terbesar di dunia menyediakan layanan keuangan untuk memudahkan bertransaksi di masyarakat. Simak daftarnya.
JP Morgan Chase masuk dalam jajaran bank terbesar di dunia/Reuters-Lucas Jackson
JP Morgan Chase masuk dalam jajaran bank terbesar di dunia/Reuters-Lucas Jackson

Bisnis.com, JAKARTA – Keberadaan bank menjadi kemudahan bagi banyak orang dalam menyimpan uang di seluruh dunia. Sebagai lembaga keuangan yang menyediakan berbagai produk dan layanan, bank mengelola simpanan, pinjaman, manajemen kekayaan, pertukaran mata uang, dan investasi.

Saat ini tersedia ribuan bank di dunia.  Berikut ini 10 bank terbesar di dunia yang diukur dengan pendapatan tambahan (trailing revenue) selama 12 bulan per 30 Maret 2020, melansir dari Investopedia, Selasa (16/11/2021).

1. Industrial and Commercial Bank Of China Ltd. (IDCBY)

Bank terbesar di dunia dalam hal total aset yang dikelola (assets under management/AUM) adalah Industrial and Commercial Bank Of China Ltd.

Lembaga ini menyediakan kartu kredit dan pinjaman, pembiayaan untuk bisnis, dan layanan pengelolaan uang untuk perusahaan dan individu dengan kekayaan bersih tinggi. Meskipun ini adalah bank komersial, IDCBY milik negara.

2. JPMorgan Chase & CO. (JPM)

JPMorgan Chase & Co. adalah bank multinasional dan perusahaan induk jasa keuangan yang terlibat dalam pinjaman korporasi, manajemen aset, manajemen kekayaan, dan investasi dan perbankan konsumen. Total pendapatan US$114,6 miliar, JPM menjadi bank terbesar kedua setelah IDCBY.

3. Japan Post Holdings Co. Ltd. (JPHLF)

Pendapatan atau revenue dari JPHLF sebesar US$112,3 miliar menjadikan bank dari Jepang ini di posisi ketiga. Berbeda dari yang lain, Japan Post Holdings Co. Ltd. beroperasi di bidang perbankan serta asuransi jiwa, logistik, dan bisnis lainnya. Perusahaan ini juga terkenal dengan cabang Japan Post-nya, yang terlibat dalam pengiriman surat dan manajemen kantor pos di Jepang, serta Japan Post Bank, cabang perbankan perusahaan.

4. China Construction Bank Corp. (CICHY)

Bank China kedua dalam daftar 10 terbesar ini adalah China Construction Bank Corp. Bank ini menyediakan layanan perbankan korporat seperti e-banking, jalur kredit, dan pinjaman komersial.

China Construction Bank juga menyediakan perbankan pribadi melalui segmen terpisah, menawarkan pinjaman pribadi, deposito, manajemen kekayaan, dan kartu kredit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annasa Rizki
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper