Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Integrasi MFSCM dengan Kopra by Mandiri, Cara Mudah Percepat Penerimaan Pembayaran

Bank Mandiri meluncurkan Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri khusus untuk nasabah korporasi dalam bertransaksi secara digital.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 25 November 2021  |  10:44 WIB
Foto: dok. Bank Mandiri
Foto: dok. Bank Mandiri

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sebagai bank BUMN yang memiliki core business di segmen korporasi terus berupaya memenuhi keperluan para pelaku usaha lewat inovasi dan transformasi digital layanan perbankan yang paling mutakhir.

Teranyar, bank plat merah tersebut meluncurkan Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri khusus untuk nasabah korporasi dalam bertransaksi secara digital.

Super platform tersebut menawarkan agregasi layanan digital untuk pelaku bisnis yang terbagi dalam tiga varian. Salah satu varian unggulannya yakni Portal Kopra by Mandiri yang merupakan single access portal ke layanan digital existing Bank Mandiri yang didalamnya termasuk Mandiri Financial Supply Chain Management (MFSCM).

Portal Kopra by Mandiri juga memudahkan pengguna MFSCM dalam mendaftarkan para calon supplier/mitra value chain ke sistem bank melalui fitur Online Onboarding Value Chain. Adapun Online Onboarding Value Chain dapat dilakukan dengan dua metode, yakni pendaftaran secara bulk oleh principal dan secara satu per satu oleh supplier.

"Konsep single access Kopra by Mandiri membuat nasabah lebih praktis dan holistik dalam menjalankan aktivitas finansial dan pemantauan transaksi keuangan, efisien dan mudah mengakses informasi produk di Bank Mandiri. Serta memberikan kemudahan kontrol, alokasi dan monitoring funding, serta lending di level entitas maupun grup usaha," kata Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri Panji Irawan di Jakarta, baru-baru ini.

Mandiri Financial Supply Chain Management sendiri merupakan sistem daring berbasis web untuk transaksi value chain (meliputi principal, supplier, dan distributor), yang menyediakan layanan pembiayaan atas dasar invoice.

Sistem ini diperuntukkan bagi para pelaku usaha untuk mengakomodasi transaksi antara nasabah dengan para mitra usahanya, baik dari sisi distributor/subdistributor maupun suppliernya, atau disebut dengan rantai pasok (value chain), dimana Bank menyediakan sumber pembayaran berupa pembiayaan.

Skema dimaksud juga dapat direplikasi untuk level bisnis yang lebih rendah, misalnya antara nasabah tergabung dalam rantai pasok dengan mitra usaha lainnya, sehingga tercipta suatu ekosistem bisnis dalam berbagai level.

Khusus untuk pembiayaan, Bank terlebih dahulu menetapkan limit pembiayaan untuk masing-masing nasabah value chain berdasarkan profil transaksi antara nasabah dimaksud dengan principal, sehingga pembiayaan yang disediakan diperkirakan cukup untuk membiayai transaksi nasabah, sehingga profil transaksi dan limit pembiayaan bersifat saling melengkapi

Dengan begitu, para pelaku usaha yang memanfaatkan MFSCM akan dapat meningkatkan performa bisnisnya dengan jaminan keamanan yang prima. Karena seluruh rantai pasok telah terhubung dalam sistem yang transparan dan dapat dipantau setiap saat.

Fitur-fitur yang ada dalam MFSCM dapat dimanfaatkan oleh nasabah dalam operasional harian, baik yang bersifat financial based, berupa upload invoice kepada rantai pasoknya sekaligus autodebet pada saat invoice jatuh tempo, dimana sumber pembayaran dapat berupa dana milik nasabah dalam rantai pasok atau pembiayaan yang telah disediakan Bank, maupun yang bersifat administrative based, yaitu fitur rekonsiliasi atas tagihan nasabah, pemantauan profil transaksi masing-masing rantai pasok atau fitur untuk mendaftarkan anggota rantai pasok ke dalam MFSCM, baik secara bulk maupun satu persatu

Melalui infrastruktur keamanan teknologi yang ada saat ini, Bank selalu memastikan keamanan atas transaksi melalui MFSCM melalui penerapan sistem otorisasi bertingkat bagi nasabah yang dilengkapi dengan notifikasi transaksi dan laporan untuk mempermudah rekonsiliasi tagihan bisnis.

Adapun dalam beberapa tahun terakhir, Bank Mandiri telah mendapatkan beberapa penghargaan atas solusi value chain baik dari institusi seperti Asian Banker, Alpha Southeast Asia maupun dari beberapa nasabah korporasi Bank Mandiri dalam hal penyediaan solusi value chain untuk aliran distribusi mereka.

Lebih lanjut Panji mengatakan, segala kemudahan tersebut saat ini dapat diakses melalui Portal Kopra by Mandiri yang menjadi pusat aktivitas informasi dan transaksi finansial bagi komunitas bisnis para pelaku usaha di segmen wholesale berikut ekosistemnya dari hulu ke hilir.

"Kehadiran Kopra by Mandiri memungkinkan pelaku usaha saling terkoneksi dengan layanan perbankan terandal yang ditawarkan oleh Bank Mandiri," pungkas Panji.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan bank mandiri
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top