Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fitch Rating Pertahankan Rating Bank Banten (BEKS) A (idn) Outlook Stabil

Fitch mempertahankan peringkat tersebut dengan pertimbangan besarnya dukungan pemerintah daerah terhadap permodalan Bank Banten.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 03 Desember 2021  |  15:11 WIB
Karyawan beraktivitas di salah satu kantor cabang Bank Banten di Jakarta, Rabu (6/10/2021). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Karyawan beraktivitas di salah satu kantor cabang Bank Banten di Jakarta, Rabu (6/10/2021). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga pemeringkat Fitch Ratings mempertahankan peringkat PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk. (BEKS) pada level A (idn) dengan outlook stabil.

Dalam keterangan resmi yang disampaikan Bank Banten pada Jumat (3/12/2021), Fitch mempertahankan peringkat tersebut dengan pertimbangan besarnya dukungan pemerintah daerah terhadap permodalan Bank Banten.

Selain itu, dikutip dari pengumuman di website Fitch Rating, BEKS juga disebutkan mendapatkan dukungan dari Pemprov Banten berupa suntikan modal senilai Rp1,5 triliun pada 2020 dan persetujuan transfer saham dari BGD ke pemprov di masa depan.

"Ini akan membuat Bank Banten dimiliki secara langsung oleh pemerintah provinsi. Faktor-faktor ini mendukung keyakinan kami terhadap dukungan pemerintah," tulis Fitch.

Peringkat Nasional Jangka Panjang 'A' menunjukkan ekspektasi tingkat risiko gagal bayar yang rendah dibandingkan dengan emiten atau obligasi lain di negara atau kesatuan moneter yang sama.

Peringkat Bank Banten didorong oleh dukungan dan mencerminkan ekspektasi Fitch akan dukungan luar biasa, meskipun kecil, dari negara jika diperlukan.

Permodalan Bank Banten kini juga meningkat, yang dinilai memberikan perseroan penopang yang memadai untuk menyerap kerugian dalam jumlah kecil.

Direktur Utama Bank Banten, Agus Syabarrudin, menuturkan Peringkat Nasional Jangka Panjang 'A' membuat pihaknya kian optimistis menghadapi bisnis pada 2022.

“Peringkat yang disampaikan oleh Fitch Ratings memotivasi kami dalam menghadapi tahun 2022. Dukungan dari Pemerintah Daerah melalui penyertaan modal, serta berbagai investor lainnya melalui skema rights issue merupakan suntikan yang sangat berharga bagi kami dalam mengejar target bisnis,” ujarnya dalam keterangan resmi.

Agus menambahkan Bank Banten masih memiliki ruang yang sangat besar untuk bertumbuh secara bisnis. Oleh karena itu, perseroan membuka ruang bagi semua pihak untuk berinvestasi dan tumbuh bersama kami. "Tahun 2022, insya Allah performa bisnis akan terus terakselerasi,” tutur Agus.

Bank Banten pun berkomitmen terus berupaya melakukan transformasi digital untuk menghadirkan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fitch ratings bpd BEKS Bank Banten emiten bank
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top