Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pefindo Tegaskan Peringkat idAA untuk Indonesia Re

Perusahaan asuransi dengan peringkat idAA memiliki karakteristik keamanan keuangan yang sangat kuat dibandingkan perusahaan lainnya di Indonesia
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 07 Desember 2021  |  09:19 WIB
Petugas memberikan penjelasan kepada pengunjung di stan PT Reasuransi Indonesia Utama pada ajang Indonesia Business and Development Expo (IBDexpo) 2017 di Jakarta, Kamis (21/9). - JIBI/Dwi Prasetya
Petugas memberikan penjelasan kepada pengunjung di stan PT Reasuransi Indonesia Utama pada ajang Indonesia Business and Development Expo (IBDexpo) 2017 di Jakarta, Kamis (21/9). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat kekuatan finansial PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re di idAA dan peringkat idAA- untuk Obligasi Wajib Konversi Perusahaan I Tahun 2014. Prospek untuk peringkat tersebut adalah stabil.

Analis Pefindo, Danan Dito dan Hasnalia Hanifah mengatakan, perusahaan asuransi dengan peringkat idAA memiliki karakteristik keamanan keuangan yang sangat kuat dibandingkan perusahaan lainnya di Indonesia, dengan hanya sedikit perbedaan dibandingkan peringkat yang lebih tinggi.

Sementara itu, efek utang dengan peringkat idAA memiliki sedikit perbedaan dengan peringkat tertinggi yang diberikan. Kemampuan emiten untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang atas efek utang tersebut, dibandingkan dengan emiten lainnya di Indonesia adalah sangat kuat. Tanda kurang (-) menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif lemah dan di bawah rata-rata kategori yang bersangkutan.

"Peringkat tersebut merefleksikan pentingnya peranan perusahaan dalam mendukung misi pemerintah, posisi pasar yang kuat di bisnis reasuransi, dan permodalan yang sangat kuat. Akan tetapi, peringkat tersebut dibatasi oleh kinerja operasional yang moderat," ujar kedua analis melalui siaran pers, Selasa (7/12/2021).

Menurut kedua analis, peringkat dapat dinaikkan jika Indonesia Re dapat meningkatkan pangsa pasar premi reasuransi secara signifikan, disertai dengan kinerja keuangan yang baik.

Peringkat dapat diturunkan jika terjadi penurunan signifikan pada posisi bisnis, atau bila kinerja operasional atau indikator permodalan Indonesia Re mengalami pemburukan yang signifikan, yang dalam pandangan Pefindo, menunjukkan strategi pertumbuhan yaang agresif. Peringkat juga dapat diturunkan bila Pefindo melihat adanya penurunan tingkat dukungan dari pemerintah.

Adapun, Indonesia Re merupakan perusahaan reasuransi lokal terbesar di Indonesia dalam hal total aset dan ekuitas, menyediakan jasa reasuransi jiwa maupun umum.

Perusahaan juga memiliki dua anak usaha, yaitu PT Asuransi Asei Indonesia yang melayani jasa asuransi umum dan PT Reasuransi Syariah Indonesia yang melayani jasa reasuransi syariah. Indonesia Re dimiliki sepenuhnya oleh Pemerintah Indonesia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pefindo peringkat reasuransi Indonesia Re
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top