Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Strategi BTN (BBTN) dalam Penyaluran KPR FLPP di 2022

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) menyatakan siap untuk menyalurkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) pada tahun depan yang saat ini akan dikelola oleh Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera).
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 26 Desember 2021  |  20:58 WIB
Pengunjung mencari informasi mengenai kredit hunian dalam pameran Indonesia Properti Expo 2020 di Jakarta, Selasa (18/2/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Pengunjung mencari informasi mengenai kredit hunian dalam pameran Indonesia Properti Expo 2020 di Jakarta, Selasa (18/2/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) menyatakan siap untuk menyalurkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) pada tahun depan yang saat ini akan dikelola oleh Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera).

Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 9 tahun 2020 tentang APBN 2021, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25/2020 dan PP Nomor 63/2019 tentang Investasi Pemerintah.

Dalam hal ini, BP Tapera akan bertindak sebagai Operator Investasi Pemerintah (OIP) dalam menyalurkan dana FLPP pada 2022. Di mana tahun ini, BP Tapera menargetkan penyaluran KPR Sejahtera FLPP sebesar Rp22 triliun atau setara dengan 200.000 unit rumah.

“Kami siap untuk segera menyalurkannya kepada masyarakat, khususnya MBR [masyarakat berpenghasilan rendah]. Menjadi harapan semua semoga proses penyaluran FLPP akan menjadi lebih baik, efisien, efektif dan sekaligus dapat mendukung Program Pemerintah dalam rangka menurunkan angka backlog perumahan di Tanah Air,” kata Direktur Utama Bank BTN, Haru Koesmahargyo dalam keterangan tertulis, Jumat (24/12/2021).

Lebih lanjut, Haru mengaku siap menjadi mitra BP Tapera dalam mempercepat penyaluran KPR Sejahtera di 2022.

“Bank BTN telah menyiapkan digital mortgage ecosystem yang akan mendukung sektor properti, mendukung baik sisi supply maupun demand di sektor ini, sehingga kebutuhan masyarakat akan perumahan dapat dipenuhi dan para stakeholder sektor properti dapat terakomodasi dalam menjalankan perannya di sisi supply,” ujar Haru.

Haru optimistis bahwa sinergi antara Bank BTN dengan BP Tapera akan semakin kuat karena kedua pihak sudah bekerja sama dalam program Pembiayaan Perumahan Tapera (Program Tapera).

“Kerja sama strategis ini kami harapkan dapat berjalan dengan lancar dan dapat menyukseskan Program Sejuta Rumah yang dicanangkan Pemerintah serta membantu masyarakat, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah mendapatkan rumah impiannya," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

btn kpr flpp bp tapera
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top